Dua Jam Mamasa Diguncang 14 Kali Gempa, Warga Diminta Tenang – FAJAR –
Sulbar

Dua Jam Mamasa Diguncang 14 Kali Gempa, Warga Diminta Tenang

WARGA MULAI MEMBANGUN TENDA DIAREA TERBUKA DI KABUPATEN MAMASA.

FAJAR.CO.ID, MAMASA – Gempa yang terjadi di wilayah Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) pada pukul 17.42 wita dengan kekuatan 5,2 Magnutido pada koordinat 2,91 LS dan 119,41 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6 Kilometer arah timur laut Kota Mamasa pada kedalaman 10 Kilometer.

Hingga pukul 19.35 wita, sesuai hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) sebanyak 14 kali dan itu hanya berselang dua jam.

Hal tersebut disampaikan oleh Tri Hariyono, staff operasiona Pusat Gempabumi Regional IV BMKG Makassar,yang dihubungi melalui telepon genggamnya, Rabu 7 November, malam ini.

Dia menyebutkan, gempa susulan yang terjadi paling keras dengan kekuatan 4,2 Magnutido. Menurutnya, walaupun demikian pihaknya tetap menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan waspada.

Dia menyebutkan, gempa tersebut dipicu dengan adanya pergerakan sesar lokal. Dugaan kuat sesar aktif yang menjadi pembangkit gempa bumi ini adalah sesar Saddang. Hal itu adanya deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar geser (Strike-Slip Fault).

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi terjadi tsunami,” tutupnya. (mon/ade/parepos)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!