8 Pelaku Joki CPNS Kemenkumham Diamanakan, 7 Masih Buron – FAJAR –
Kriminal

8 Pelaku Joki CPNS Kemenkumham Diamanakan, 7 Masih Buron

Konferensi Pers Pengungkapan Pelaku Joki CPNS Kemenkumham di Mako Polrestabes Makassar (Foto:IST)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Polda Sulsel bersama Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Makassar berhasil meringkus buronan praktik joki Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kemenkumham di Kota Makassar.

Masing-masing pelaku yakni MR (33), warga Sidrap yang beralamat di Bumi Permata Sudiang Blok J 3, Kelurahan Sudiang, Kecamatan Biringkanayya. Pelaku diamankan pada Selasa 6 November 2018, sekira pukul 01.00 Wita.

“Tersangka ditangkap sehubungan dengan membuat surat yang diduga palsu atas nama calon peserta CPNS berinisial MA yang merupakan buron,”kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani saat konferensi pers di Mako Polrestabes Makassar, Kamis (8/11/18).

Kemudian, aparat kepolisian juga berhasil mengamankan pelaku yang diduga menggunakan surat palsu tersebut berinisial AS alias M (30). Pelaku yang beralamat di Jalan Sibula Dalam No 68 Kelurahan Layang Kecamatan Bontoala Kota Makassar ini, diamankan pada Rabu 7 November 2018, sekira pukul 08.30 Wita.

“Jadi peran kedua tersangka ini adalah pembuat identitas palsu. Setelah itu mereka memberikan kepada para joki yang akan masuk tes nantinya,”beber Dicky.(sul)

Dicky menjelaskan, saat ini sudah diamankan 8 orang dari 15 orang pelaku praktek joki CPNS Kemenkumham. Sehingga tersisa 7 orang pelaku yang sampai saat ini menjadi buronan.

Menurut keterangan para tersangka, lanjut Dicky, praktek joki bukan hanya terjadi di Makassar saja, bisa jadi didaerah lain juga demikian. Ia juga mengungkapkan, jika para tersangka yang diamankan tersebut merupakan sindikat jaringan yang berbeda.

“Kejadian ini mungkin sudah ada di tahun tahun sebelumnya namun tidak nampak karena mungkin polri tidak dilibatkan. Dan sekarang ini setelah aparat kepolisian dilibatkan, Alhamdulillah di Makassar sudah ada tersangka yang didapatkan,”ungkapnya.

Selain itu, para peserta yang ikut tes CPNS sebelumnya mengikuti tes bimbingan belajar. Namun, sebagiam peserta yang merasa tidak mampu ikut tes akhir ya menggunakan joki. Para joki ini juga memiliki jaringan di berbagai daerah, bukan hanya di Makassar. Seperti salah satunya yang diamanakan pada 28 Oktober lalu merupakan mahasiswa dari Yogyakarta yang sudah dua kali menjadi joki.

Sementara itu, salah satu pelaku mengaku bahwa cara memalsukan kartu identitas itu dengan cara mendownload kartu peserta ujian, lalu kartu tersebut discan yang selanjutnya ditempelkan foto peserta.

“Yang menyuruh itu broker, minta tolong ada yang mau dibuatkan identitas palsu. Terus kata sibrokernya nanti ada orang yang siap masuk untuk menggantikan peserta,”kata salah satu pelaku.(sul)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!