Disdukcapil Bulukumba Sosialisasi: KTP-el Hilang atau Rusak Hanya Dilakukan Perbaikan, Bukan Mengurus Baru – FAJAR –
Sulsel

Disdukcapil Bulukumba Sosialisasi: KTP-el Hilang atau Rusak Hanya Dilakukan Perbaikan, Bukan Mengurus Baru

Disdukcapil Bulukumba menggelar sosialisasi tentang kebijakan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil di warkop.

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pemkab Bulukumba menggelar Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Warkop Mattoanging Kabupaten Bulukumba, Kamis (8/11).

Sosialisasi ini digelar dalam rangka pelaksanaaan kebijakan administrasi kependudukan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait persyaratan administrasi kependudukan.

Kegiatan ini dihadiri Kabid Pendaftaran Penduduk dan Kabid Pencatatan Sipil Disdukcapil Kota Bulukumba, A. Afriadi selaku narasumber, Panwaslu kabupaten (Bakri Abubakar), tokoh masyarakat, beberapa kepala sekolah tingkat SMA/SMK dan sederajat, serta pegawai kecamatan dan kelurahan/desa.

Dalam sosialisasi tersebut dijelaskan perihal ruang lingkup administrasi kependudukan meliputi pencatatan sipil dan pendaftaran penduduk, seperti persyaratan pencatatan kelahiran, persyaratan pencatatan akta kematian, serta informasi tentang KTP-el yang masa berlakunya seumur hidup.

Bagi KTP-el hilang, rusak dan tidak terbaca serta adanya perubahan data pemilik KTP-el seperti perubahan alamat, status perkawinan dan lainnya, kata Afriadi, hanya dilakukan perbaikan saja pada KTP-el,  bukan mengurus baru lagi.

“Hal ini sesuai dengan UU Nomor 24 tahun 2013 dan Surat Edaran Kemendagri Nomor : 470/296/SJ Tahun 2016 tentang KTP elektronik berlaku seumur hidup bagi Warga Negara Indonesia. Tentunya melalui sosialisasi ini diharapkan masyarakat dapat memiliki pemahaman yang luas terkait administrasi kependudukan,” kata Afriadi. (amin)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!