KPK Sudah Tahu Sosok di Balik Kode ‘Babe’ dan ‘Tina Toon’ – FAJAR –
Hukum

KPK Sudah Tahu Sosok di Balik Kode ‘Babe’ dan ‘Tina Toon’

Febri Diansyah.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyampaikan telah mengetahui sosok di balik kode ‘Babe’ dan ‘Tina Toon’ dalam kasus dugaan suap proses pengurusan izin pembangunan Meikarta.

“Kami sudah mengetahui ‘Babe’ itu siapa, ‘Tina Toon’ itu siapa. Dan buktinya sebenarnya semakin kuat saat ini,” ungkap juru bicara KPK Febri Diansyah pada awak media, Kamis (8/11).

Kendati demikian, Febri belum mau mengungkapkan peran dari ‘Babe’ dan beberapa sosok dibalik kode-kode yang digunakan dalam suap Meikarta ini secara blak-blakkan.

Hanya saja, dia menjelaskan kode ‘Babe’ yang disebutnya sebagai salah satu pemberi suap yang dianggap memiliki peran penting dalam pembangunan proyek tersebut.

“Orang yang gunakan kode ‘Babe’ ini adalah salah satu pihak pemberi yang memiliki peran cukup penting,” sambungnya.

Sekadar informasi, KPK sudah menemukan beberapa kode dalam perkara tersebut. Kode itu ialah ‘Tina Toon’, ‘Melvin’, ‘Windu’, dan ‘Penyanyi’.

“Kami sudah memecahkan kode tersebut dan belum bisa disampaikan secara rinci saat ini. Intinya nama-nama pejabat di Pemkab yang berinteraksi terkait perizinan dan suap ini, diganti dengan kode-kode tertentu. Kami duga ini bagian dari upaya menyamarkan,” papar Febri.

Diketahui, KPK menetapkan sembilan tersangka suap perizinan proyek Meikarta. Para tersangka dari jajaran Pemkab Bekasi, termasuk Bupati Bekasi nonaktif Neneng Hassanah Yasin, diduga menerima Rp 7 miliar sebagai bagian dari fee fase pertama yang bernilai total Rp 13 miliar. (ipp/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!