Pulang dengan Status Juara Dunia, Eko Yuli Kantongi Bonus Ratusan Juta – FAJAR –
Olahraga

Pulang dengan Status Juara Dunia, Eko Yuli Kantongi Bonus Ratusan Juta

Lifter Indonesia, Eko Yuli Irawan dapat hadiah Rp 200 juta dari Kemenpora (Isa Bustomi/Jawa Pos)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberi apresiasi tinggi kepada lifter Indonesia, Eko Yuli Irawan. Seperti diketahui, Eko baru saja mendapatkan medali emas di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2018 kelas 61 Kg.

Bertempat di Ashgabat, Turkmenistan, Sabtu (3/11) lalu, Eko berhasil mengangkat total berat 317 Kg. Dari jumlah tersebut, 143 Kg berasal dari angkatan snatch dan 174 Kg di angkatan celan & jerk. Keberhasilannya ini melengkapi raihan medali emas yang sebelumnya ia raih di Asian Games 2018 lalu.

Berkat prestasinya itu, Eko dihadiahi bonus sebesar Rp 200 juta oleh Kemenpora. Bahkan tabungannya semakin ‘membengkak’ sebab Presiden RI, Joko Widodo juga memberikan bonus Rp 220 juta.

“Siang hari ini kami dapat kabar luar biasa bahwa Eko dapat bonus baik dari presiden maupun Kemenpora. Kalau kami (Kemenpora) hanya bisa berikan bonus Rp 200 juta,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Kamis (8/11).

“Bapak Presiden juga tadi memberikan bonus 220 juta. Makannya pak Eko datengnya senyum banget. Pastinya selain angkat besi dan bulu tangkis, kita juga akan apresiasi atlet berprestasi,” ujarnya.

Selain Eko Yuli, pemerintah juga akan memberikan hadiah kepada atlet angkat berat putri Indonesia, Sri Hartati. Namun pemberian bonus baru dapat dilakukan setelah kepulangannya dari Swedia.

“Pasti kita akan berikan juga buat Sri Hartati. Tapi untuk saat ini kan belum sampai di Indonesia. Mungkin setelah tiba, kita langsung berikan,” tutrnya.

Seperti diketahui, Sri Hartati yang sukses menyabet medali emas pada pada kelas 57 Kg di ajang World Open Powerlifting Championship 2018 di Halmstad, Swedia, Selasa (6/11) kemarin. Hartati berhasil meraih total angkatan 225 Kg. Dengan rincian Squat 225 kg, bench press 150 kg, dan Deadlift 190 kg. Total denfam 565 kg ini menjadikannya sebagai rekor dunia baru. (isa/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!