Cairan Kimia Penghancur Jasad Khashoggi Ditemukan di Sumur Konsul – FAJAR –
Internasional

Cairan Kimia Penghancur Jasad Khashoggi Ditemukan di Sumur Konsul

Otoritas Saudi menggunakan asam dan bahan kimia lain untuk menghancurkan jasad wartawan Jamal Khashoggi (AP)

FAJAR.CO.ID – Otoritas Saudi menggunakan asam dan bahan kimia lain untuk menghancurkan jasad wartawan Jamal Khashoggi. Hal ini diungkap oleh sumber kantor jaksa agung Turki kepada Al Jazeera.

Sumber itu mengatakan, jejak-jejak asam hidrofluorik dan bahan kimia lainnya ditemukan di sebuah sumur di rumah Konsul Jenderal Mohammed Al Otaibi di Istanbul.

Menurut laporan Andrew Simmons dari Al Jazeera Istanbul, peneliti Turki dapat mengambil sampel dari sumur saat mereka pertama kali diberikan akses pada bulan lalu.

“Kami tahu bahwa pada malam 16-17 Oktober, ketika para penyelidik Turki bekerja di dalam kediaman dan ingin mendapatkan akses penuh ke kebun dan sumur, mereka tidak diberi izin, tetapi dapat mengambil secara singkat beberapa sampel,” katanya Simmons.

“Sampel-sampel itu telah diproses dan ada bukti bahwa ada fluorida dan bahan kimia lainnya,” tambahnya.

Simmons mengatakan, sampel lain yang diambil dari saluran pembuangan dan sistem drainase di sekitar distrik diplomatik juga menunjukkan penggunaan cairan asam.

Saudi secara konsisten mempertahankan pernyataan kalau Khashoggi meninggalkan gedung konsulat setelah mendapatkan dokumen yang diperlukan yang akan memungkinkan dia untuk menikahi tunangan Turkinya sebelum mengakui pembunuhan wartawan pada 20 Oktober.

Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman terus berjanji untuk mengungkap motif pembunuhan Khashoggi dan menghukum mereka yang bertanggung jawab. Sebanyak 18 orang telah ditangkap dan lima pejabat Saudi dipecat sehubungan dengan pembunuhan itu. (iml/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!