Hari Ke-12, Basarnas Temukan 1 Kantong Jenazah – FAJAR –
Nasional

Hari Ke-12, Basarnas Temukan 1 Kantong Jenazah

ilustrasi. (net)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Hari ke-12 pencarian korban pesawat Lion Air PK-LQP, Basarnas hanya temukan satu potongan tubuh. Potongan tubuh itu ditemukan di sekitar lokasi jatuhnya pesawat di Perairan Karawang, Jawa Barat.

“Hari ini kita hanya mendapatkan 1 kantong jenazah saja. Tadi pagi sekitar pukul 10.00 WIB,” ujar Deputi Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas Nugroho Budi Wiryanto, di Dermaga JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (9/11).

Nugroho menjelaskan pencarian hari ini sudah dilakukan sejauh 20 km dari titik koordinat jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP, dan penyelaman juga dilakukan dengan radius 250 meter.

Meski begitu, pihaknya sudah jarang menemukan adanya potongan tubuh baik di dalam laut ataupun di permukaan bahkan hingga tepi Pantai Tanjung Pakis.

“Kita mulai di area yang kemarin saya sampaikan di sekitar radius 250 meter. Kemudian kita hanya menemukan satu kantong jenazah saja tadi pagi. Kemudian yang dipermukaan yang di Tanjung Pakis juga tetap melaksanakan pencarian baik di atas permukaan maupun di daratan. Hari ini juga kosong juga yang di Tanjung Pakis, nihil,” ucapnya.

Besok, pihaknya akan terus melanjutkan pencarian dengan titik dan radius yang sama. Nugroho menjelaskan para penyelam akan bekerja semaksimal mungkin untuk benar-benar memastikan ada atau tidaknya potongan tubuh.

Sebab besok merupakan hari terakhir pencarian dari waktu penambahan tiga hari yang telah diputuskan pada Rabu (7/11). Nugroho mengatakan situasi pencarian besok akan menjadi pertimbangan untuk memutuskan status pencarian.

“Kemudian kegiatan besok kita akan melanjutkan kegiatan penyelaman, di dasar, di TKP. Itu kita mulai pagi di radius yang sama. Untuk meyakinkan bahwa di situ sudah tidak ada korban. Kita harapkan diyakinkan sekali lagi. Semaksimal mungkin kita yakinkan, kemudian juga dipermukaan maupun di daratan. Kita tetap akan mencari baik ke kanan maupun ke kiri, di radius 20 km yang di daratan, di pinggir pantai,” tuturnya.

“Tetapi untuk perpanjangan nanti kita akan laksanakan evaluasi dan analisa. Sehingga besok siang atau sore baru ada keputusan,” lanjut Nugroho.

Saat ini secara keseluruhan pencarian selama 12 hari, tim evakuasi berhasil mengumpulkan 196 kantong jenazah dan sudah diterima oleh tim DVI Polda Metro Jaya. Data terakhir tercatat sebanyak 71 jenazah sudah diidentifikasi. (det)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!