Jokowi Sebut Politikus Genderuwo, PKS: Itu Bisa Jadi Durian Runtuh untuk Kami – FAJAR –
Pilpres 2019

Jokowi Sebut Politikus Genderuwo, PKS: Itu Bisa Jadi Durian Runtuh untuk Kami

Mardani Ali Sera

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengeluarkan pernyataan yang menyedot perhatian publik. Setelah istilah ‘Politikus Sontoloyo’ sempat viral, kali mantan Wali Kota Surakarta itu mengeluarkan diksi baru yakni ‘Politik Genderuwo’.

Pernyataan ini pun membuat politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera ikut angkat bicara. Jokowi, menurut dia, tengah ingin menyaingi sosok calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno yang kerap membuat kontroversi.

“Pak Jokowi lagi ingin nyaingi Sandi yang ngetop dan kontroversial,” kata Mardani kepada wartawan, Jumat (9/11).

Di sisi lain, inisiator gerakan 2019 Ganti Presiden itu juga mengaku senang dengan ucapan-ucapan kontroversial Jokowi. Mardani justru mendapatkan keuntungan dari pernyataan anak buah Megawati Soekarnoputri itu.

“Kami sih senang-senang saja. Dalam politik kan jangan baper. Jika Pak Jokowi terus buat statement seperti ini, justru akan jadi durian runtuh untuk kami,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, ucapan Jokowi soal politik genderuwo saat tengah mengeluhkan mengenai politikus yang pandai memengaruhi masyarakat. Dia bilang, beberapa di antaranya poitikus tidak menggunakan etika dan sopan santun politik yang baik.

“Coba kita lihat politik dengan propaganda menakutkan, membuat ketakutan, kekhawatiran. Setelah takut yang kedua membuat sebuah ketidakpastian. Masyarakat memang digiring untuk ke sana. Dan yang ketiga menjadi ragu-ragu masyarakat, benar nggak ya, benar nggak ya?” singgungnya.

Politik yang dimaksudkan Jokowi itulah yang disebut sebagai politik genderuwo. Menurutnya, cara-cara itu tidak beretika.

“Cara-cara seperti ini adalah cara-cara politik yang tidak beretika. Masa masyarakatnya sendiri dibuat ketakutan? Nggak benar kan? itu sering saya sampaikan itu namanya ‘politik genderuwo’, nakut-nakutin,” tegasnya. (ce1/aim/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!