KPK Tangkap Terpidana Korupsi di Sebuah Rumah Kos – FAJAR –
Hukum

KPK Tangkap Terpidana Korupsi di Sebuah Rumah Kos

Terpidana korupsi Didi Supriadi, usai diamankan Tim Koordinasi dan Supervisi (korsup) Penindakan KPK (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tim koordinasi dan supervisi (korsup) penindakan KPK membantu Kejaksaan Tinggi Jawa Barat (Kejati Jabar) menangkap Didi Supriadi, koruptor yang masuk daftar DPO sejak 2016. Dia merupakan terpidana kasus korupsi terkait Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“DS (Didi Supriadi) ditangkap di daerah Kerten, Laweyan, Surakarta di sebuah rumah kos,” ucap juru bicara KPK Febri Diansyah pada awak media, Jumat (9/11).

Febri menjelaskan proses penangkapan terhadap Didi terjadi pada Kamis (8/11) oleh tim KPK bekerjasama dengan tim dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Surakarta. Selanjutnya, pada (9/11) Jaksa Eksekusi Kejaksaan Tinggi Jawa Barat membawa Didi Supriadi dari Kejaksaan Negeri Surakarta ke Bandung untuk dieksekusi.

“Pada saat itu, tim lapangan KPK mendapatkan informasi mengenai keberadaan DPO, KPK bersama Kejaksaan Negeri Surakarta langsung menangkap dan mengamankan terpidana di wilayah hukum Kota Surakarta,” sebutnya.

Dalam kasus ini, Didi dipidana 8 tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider 3 bulan kurungan sejak tahun 2016 karena terbukti melakukan korupsi KUR tahun 2010 di PT BNI SKC Bandung pada peternak sapi Grup Simpang Jaya Dua dengan plafon Rp 25 miliar.

Selain itu, Didi juga dihukum membayar uang pengganti Rp 12 miliar subsider 5 tahun kurungan. Setelah ditangkap, Didi dibawa ke Bandung untuk dieksekusi.

“KPK memfasilitasi pencarian buronan sejak diterima permintaan bantuan dari Kejaksaan Tinggi Jawa Barat pada bulan Januari 2016. Selama pencarian, DPO selalu berpindah-pindah dari satu kota ke kota lainnya,” pungkas Febri. (ipp/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!