Para Remaja Sengaja Minum Air Rebusan Pembalut, Ini Penyebabnya – FAJAR –
Kesehatan

Para Remaja Sengaja Minum Air Rebusan Pembalut, Ini Penyebabnya

Ilustrasi pembalut wanita. (net)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Potret sosial sebagian remaja yang sengaja minum air rebusan pembalut memang di luar akal sehat. Seperti diketahui, minum air rembusan pembalut itu dilakukan para remaja karena ingin mendapatkan sensasi mabuk atau fly seperti saat menggunakan narkoba.

Dosen Vokasi Komunikasi Universitas Indonesia yang juga Pengamat Sosial Devie Rahmawati menilai tindakan tersebut dilakukan oleh sekelompok remaja karena mereka berada dalam fase rasa ingin tahu yang tinggi. Remaja biasanya ingin tahu apa yang sedang tren dilakukan teman-temannya membuat mereka mudah merekam.

“Remaja adalah fase dimana merekam memiliki rasa ingin tahu (eksplorasi) yang tinggi. Hal ini menjadi positif ketika diarahkan pada aktivitas produktif,” katanya kepada JawaPos.com, Jumat (9/11).

Dengan kata lain, rasa ingin tahu remaja jika dilihat dari kasus air rebusan pembalut ini tidak tersalurkan dengan baik. Padahal jika ada wadah untuk menyalurkan energi para remaja tersebut, mereka akan terhindar dari hal-hal menyimpang.

“Remaja yang memiliki kesempatan untuk menyalurkan energi dan keingintahuan mereka pada aktivitas yang luas dapat terhindar dari kasus tersebut,” tegas Devie.

Menurut Devie, sayangnya banyak remaja yang hidup secara ‘mandiri’, tanpa bimbingan orang dewasa. Maka para orang tua dan keluarga tetap wajib menjadi garda terdepan untuk fungsi kontrol para remaja.

“Jika tanpa bimbingan, mengakibatkan mereka mudah tergelincir dalam kehidupan yang merugikan,” tutupnya. (ika/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!