Wiranto: Proses Hukum Rizieq Diserahkan ke Arab Saudi – FAJAR –
Nasional

Wiranto: Proses Hukum Rizieq Diserahkan ke Arab Saudi

Rizieq Shihab saat dipanggil polisi Arab Saudi (istimewa)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dikabarkan menjalani pemeriksaan oleh kepolisian kerajaan Arab Saudi. Hal itu terkait adanya dugaan pemasangan bendera Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di dinding rumahnya.

Namun, belakangan tersiar kabar bahwa peristiwa ini turut ditunggangi oleh intelijen dari Indonesia. Akan tetapi, hingga saat ini, kebenaran kabar tersebut belum terbukti.

Terkait itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan, Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan, persoalan yang menimpa Rizieq merupakan otoritas hukum kerajaan Arab Saudi.

Indonesia tidak berhak mencampuri urusan hukum tersebut. Pasalnya setiap negara memiliki kewenangan hukum masing-masing yang tidak dapat diintervensi, sekalipun oleh negara sahabat.

“Itu (kasus HRS, Red) urusan Arab Saudi. Kita nggak urusin negara lain. Proses di Arab Saudi serahkan ke pemerintah Arab Saudi,” ujar Wiranto di kantor Kemenko Polhukam Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (9/11).

Sementara itu, terkait kabar adanya campur tangan intelijen Indonesia dalam kasus pemeriksaan Rizieq, Wiranto pun membantahnya. Menurutnya itu semata-mata hanya gosip belaka, tanpa disertai bukti valid.

“Jangan katanya (kasus HRS ada campur tangan intelijen, Red), saya nggak bahas katanya,” pungkasnya. (sat/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!