Jelang Persebaya Vs PSM Makassar, Ini Beberapa Faktanya – FAJAR –
Bola

Jelang Persebaya Vs PSM Makassar, Ini Beberapa Faktanya

Laga PSM melawan Persebaya pada putaran pertama. (net)

FAJAR.CO.ID, SURABAYA – Dua tim legenda Indonesia, Persebaya Surabaya dan PSM Makassar akan bertemu sore ini. Laga ini pun menyedot perhatian pecinta sepakbola Indonesia, bukan hanya pecinta kedua tim.

Lalu, bagaimana peta kedua tim?

Saat ini, Persebaya sedang garang-garangnya kala bermain di hadapan Bonek Mania. Bajul Ijo pun akan jadi ujian berat bagi pemuncak klasemen, PSM Makassar.

Keduanya punya motivasi tinggi. Juku Eja ingin mempertahankan asa menjuarai Liga 1 Indonesia, sementara tuan rumah demi memperlebar jarak dari zona merah.

Berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo pada Sabtu (10/11) pukul 18.30 WIB, Bajul Ijo siap menghambat laju pemuncak klasemen. Pasalnya, tren positif skuat arahan Djajang Nurjaman atau Djanur telah memakan korban dua tim kuat, yaitu Madura United dengan skor 4-0 dan Persija Jakarta lewat tiga gol tanpa balas.

Bertepatan dengan hari pahlawan, hari yang spesial bagi Persebaya Surabaya, Djanur berharap armadanya bisa mempertahankan tren positif. Menurut Djanur momen hari pahlawan meningkatkan motivasi para punggawa Bajul Ijo. Osvaldo Haay dan kolega pun diharapkan bisa lebih bekerja keras.

Sementara itu, merupakan tim yang paling berpotensi raih gelar, lima laga sisa tentunya begitu krusial buat PSM Makassar. Mengoleksi 53 poin hasil dari 29 pertandingan, setidaknya Ferdinand Sinaga cs harus meraih 65 poin demi memastikan gelar. Persebaya jadi langkah pertama demi mewujudkannya.

Pelatih PSM, Robert Rene Albert, menyatakan kewaspadaannya terhadap rekor bagus Persebaya. Menurut pelatih yang pernah juara Liga 1 bersama Arema FC ini, Willem Pluim dan kawanannya harus bermain disiplin dan fokus. Terlepas dari itu, Robert percaya anak asuhnya sudah tahu tugas yang harus dilakukan.

Jelang laga krusial buat pemuncak klasemen PSM Makassar dan tim tamu Persebaya yang ingin jauh-jauh dari degradasi, berikut beberapa faktanya;

 

Persebaya Siap Balas PSM

Pertemuan kedua klub terakhir kali terjadi pada putaran pertama, 9 Juni 2018 lalu. Kala itu, gol semata wayang Rizky Pellu menangkan tuan rumah PSM atas Persebaya. Kini, bermain di depan Bonek Mania bisa jadi nasib bertukar. Pasalnya, Bajul Ijo galak di kandang dengan rata-rata sukses mencetak tiga gol.

 

Tren positif Persebaya

Akan bermain di depan Bonek Mania, Persebaya ingin mempertahankan puncak performa. Dari lima laga terakhir, Bajul Ijo sukses mengemas tiga kemenangan meski raih dua kekalahan. Kala menjadi tuan rumah, skuat arahan Djanur belakangan ganas. Total 11 gol berhasil diceploskan pada empat laga kandang terakhir.

 

PSM kandidat juara

Tim tamu PSM Makassar datang dengan performa fantastis. Juku Eja sukses memperoleh empat kemenangan, dengan hanya satu kali kalah dalam lima laga terakhir. Tak hanya jago kandang, rekor tandang Mark Kloc cs tak kalah bagus. Tiga kemenangan, satu imbang dan satu kalah jadi bukti performa gemilang sang calon jawara.

 

Masing-masing miliki pemain mumpuni

Kedua kesebelasan memiliki pemain mumpuni. Belakangan Persebaya melejit dengan trio lini depan tajamnya. Meski kehilangan Irfan Jaya yang harus memenuhi panggilan Timnas, masih ada Ferinando Pahabol, Osvaldo Haay, dan Oktafianus Fernando. Ketiganya bersenjatakan kecepatan yang mampu memabukkan bek lawan.

Sementara PSM Makassar, kehilangan Mark Kloc tentu menjadi pukulan telak. Ferdinand Sinaga pun diragukan tampil. Walau begitu, bukan jadi alasan skuat arahan Robert Rene Albert melemah. Guy Junior yang akan ditopang Willem Pluim tentu harus diwaspadai oleh barisan pertahanan Persebaya.

Dalam laga ini, Persebaya tentu akan dapat suntikan moral yang besar bermain di depan Bonek Mania. Namun, lawannya adalah PSM Makassar sang pemuncak klasemen. Laga tentu akan berjalan sengit mengingat kedua tim butuh raihan tiga poin. (kum)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!