Marak Mabuk Rebusan Air Pembalut, Begini Penjelasan BNN – FAJAR –
Kriminal

Marak Mabuk Rebusan Air Pembalut, Begini Penjelasan BNN

Ilustrasi. (dok Radar Sukabumi/Jawa Pos Group)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Fenomena perilaku menyimpang yang sedang marak di kalangan anak-anak hingga remaja di Jawa Tengah meminum air rebusan pembalut, Badan Narkotika Nasional (BNN) memeriksa unsur kandungan terhadap lima merk pembalut.

BNN memastikan, dari hasil uji laboratorium, kelima merk pembalut tersebut negatif. Artinya, dalam pembalut wanita sama sekali tidak mengandung zat adiktif narkotika maupun psikotropika.

“Dari hasil uji laboratorium Narkotika BNN, kami telah memeriksa lima merk pembalut wanita yang dibeli secara acak di sekitaran kantor Lab BNN. Hasilnya semuanya negatif, tidak ada kandungan narkotika maupun psikotropika,” ujar Kabag Humas BNN, Kombes Pol Sulistiandriatmoko melalui keterangan tertulisnya, Minggu (10/11).

Fenomena perilaku menyimpang meminum rebusan pembalut untuk mabuk layaknya mengonsumsi narkoba, dia menanggapi serius perilaku penyimpangan anak-anak hingga remaja.

Menurut terkait rebusan pembalut wanita yang bisa membuat mabuk tersebut, ditanggapi secara serius. Kendati demikian, hasil uji lab BNN tidak membuktikan bahwa pembalut wanita mengandung zat narkoba atau psikotropika yang menyebabkan orang yang meminum air rebusan itu mabuk.

“Berdasarkan hasil uji laboratorium terhadap 5 merk pembalut itu negatif mengandung zat psikotropika. Tapi hal ini menjadi perhatian kami,” ujarnya.

Sebelumnya, masyarakat dihebohkan dengan kelakuan sekelompok remaja di Semarang, Jawa Tengah, yang meminum air rebusan pembalut. Tentunya, bahan kimia dan zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh tentu akan mengganggu kesehatan. Apalagi jika disalahgunakan untuk efek halusinasi, kecanduan, dan mabuk hingga membuat ‘nge-fly’.

Air rebusan pembalut tersebut dianggap bisa memabukkan dan memberikan efek halusinasi (fly) seperti menggunakan narkotika. Para remaja anak jalanan tersebut melakukannya karena cara itu dinilai lebih murah ketimbang membeli narkotika. (wiw/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!