Pangkep Terima Dana Bagi Hasil Rp36,85 Miliar – FAJAR –
Sulsel

Pangkep Terima Dana Bagi Hasil Rp36,85 Miliar

FAJAR.CO.ID, PANGKEP — Hingga September 2018, Pemerintah Kabupaten Pangkep menerima Dana Bagi Hasil (DBH) dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel sebesar Rp36.859.980.206. Dana tersebut berasal dari lima pajak daerah yang dikelola Pemerintah Provinsi Sulsel.

Hal itu terungkap pada Sosialisasi Pajak Daerah yang dibuka Kepala Bapenda Sulsel, diwakili Kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian Bapenda Sulsel, Andi Masbit Taufik di Hotel Celebes Pangkep, Kamis (8/11). Kegiatan ini diikuti seratusan peserta yang terdiri atas tokoh masyarakat, perwakilan OPD Pemkab Pangkep, dan tokoh pemuda.

Usai membuka kegiatan, Andi Masbit melanjutkan paparannya yang dipandu oleh Kepala UPT Pendapatan Wilayah Pangkep Wahyuni Amir. Turut dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Pangkep A Syahban Sammana, Kasat Lantas Polres Pangkep AKP Fitrawan, Kanit Regident Polres Pangkep Ipda Andi Rusli.

Pada kesempatan itu, Andi Masbit menyosialisasikan juga Visi Sulsel Baru di bawah kepemimpinan Gubernur Nurdin Abdullah dan Wakil Gubernur Andi Sudirman Sulaiman yakni; Sulawesi Selatan yang inovatif, produktif, kompetitif, inklusif, dan berkarakter.

Dikatakan, lima pajak daerah yang dikelola Pemerintah Provinsi Sulsel adalah, pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBB-KB), pajak kendaraan bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB), Pajak Air Permukaan (AP), dan pajak rokok.
Dari PBB-KB, Pangkep mendapat bagi hasil sebesar Rp 7.769.062.337, PKB Rp 11.220.335.265, BBN-KB Rp 5.808.699,612, pajak Air Permukaan sebesar Rp 51.341.773, dan pajak rokok sebesar Rp 12.010.541.219.

“Pencapaian pajak untuk tahun anggaran 2018, diharapkan dapat terpenuhi sesuai dengan waktu dan target telah ditetapkan,” katanya.

Untuk memberi kenyamanan kepada publik, khususnya pelanggan Samsat menyelesaikan kewajiban pajaknya, di wilayah Sulsel telah ada 25 Samsat induk, satu Samsat pembantu, empat pos pembantu, dan 29 gerai Samsat. Selain itu, dibantu pula dengan beberapa armada Samsat keliling.

“Ini merupakan layanan unggulan yang dibuat guna memberikan pelayanan dan kenyamanan serta kemudahan kepada pelanggan Samsat dalam menyelesaikan kewajiban pajaknya sesuai dengan tag line Bapenda, yaitu datang disambut senyum pulang dengan tersenyum,” kata Andi Masbit.

Sosialisasi yang dilaksanakan ini, menurut Andi Masbit, dimaksudkan agar masyarakat, khususnya pelanggan Samsat memahami pentingnya pajak bagi kelangsungan pembangunan daerah. Apalagi, seluruh dana bagi hasil pajak itu akan dimanfaatkan sepenuhnya untuk kesejahteraan rakyat Sulsel.

“Ini semua untuk menunjang kelancaran masyarakat dalam menyelesaikan pajaknya,” tandasnya. (*/bkm/fajar)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!