Diperlebar, Jalan Trans Parepare-Sulbar Telan Rp316 Miliar – FAJAR –
Sulsel

Diperlebar, Jalan Trans Parepare-Sulbar Telan Rp316 Miliar

(FOTO: TAUFIK HASYIM/FAJAR)

FAJAR.CO.ID, PAREPARE – Jalan Trans Nasional jalur perbatasan Parepare-Pinrang ke perbatasan Sulbar diperlebar jadi 11 meter. Anggarannya Rp316 miliar.

Proyek pelebaran dan preservasi jalan trans nasional mulai dari perbatasan Parepare-Pinrang hingga ke perbatasan Pinrang-Polman mulai dikerjakan. Anggarannya bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Dengan sistem kontrak multiyears atau tahan jamak.

Kepala Balai Besar Pelaksanan Jalan Nasional (BBPJN) XIII Makassar, Miftachul Munir mengatakan jalur ini dikerjakan permanen. Selain pemeliharaan, juga dilakukan pelebaran jalan karena tidak sesuai standar jalan nasional.

“Jalan masuk Pinrang sampai perbatasan Sulbar itu hanya 5 meter lebarnya. Padahal standar minimal itu 7 meter. Jadi nanti total badan jalan menjadi 11 meter. Bahu jalan kiri dan kanan masing-masing 2 meter lebarnya,” ungkapnya, Sabtu (10/11/2018).

Kata Miftachul, pengerjaan jalan ini sudah mulai berjalan. Dengan skema dibagi dua paket. Paket pertama mulai dari Kota Pinrang sampai perbatasan Sulbar dikerjakan PT Bumi Karsa-PT Alfindo (j.o). Dengan nilai kontrak mencapai Rp213,39 miliar.

“Paket pertama ini mendapat penanganan jalan sepanjang 37,31 kilometer,” bebernya.

Sementara paket kedua, dimulai dari perbatasan Parepare-Pinrang hingga ke Kota Pinrang. Ini sepanjang 20 kilometer dengan nilai kontrak Rp102,89 miliar dan dikerjakan PT Sinar Agung Jaya Lestari.

“Kedua paket ini ditarget tuntas akhir 2019. Dengan masa pelaksanaan 440 hari. Proyek pelebaran ini menyedot anggaran paling besar di Sulsel karena hampir mencapai Rp400 miliar,” terangnya. (fik/fjr)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!