Rekaman Pembunuhan Khashoggi Dikirim ke 5 Negara, Erdogan: Mereka Tahu – FAJAR –
Internasional

Rekaman Pembunuhan Khashoggi Dikirim ke 5 Negara, Erdogan: Mereka Tahu

Turki telah memberikan rekaman terkait pembunuhan jurnalis Washington Post, Jamal Khashoggi ke Jerman, Prancis, dan Inggris (Picture-Alliance)

FAJAR.CO.ID – Turki telah memberikan rekaman terkait pembunuhan jurnalis Washington Post, Jamal Khashoggi ke Jerman, Prancis, dan Inggris. Hal ini diungkapkan oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada hari Sabtu, (10/11) seperti dilansir Reuters.

Turki berusaha untuk mempertahankan tekanan internasional terhadap Riyadh atas kematian Khashoggi. Selama ini Khashoggi aktif mengritik penguasa Saudi terutama Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed Bin Salman (MBS).

Khashoggi dibunuh di Konsulat Arab Saudi di Turki bulan lalu. Erdogan mengatakan, pembunuhan Khashoggi diperintahkan oleh pejabat tingkat tinggi di Pemerintah Saudi.

Turki berusaha untuk mempertahankan tekanan internasional terhadap Riyadh atas kematian Khashoggi. Selama ini Khashoggi aktif mengritik penguasa Saudi (AFP)

Pembunuhan ini memprovokasi kemarahan global. Namun hanya sedikit negara yang memberikan tindakan konkret untuk menekan Arab Saudi. Apalagi Saudi merupakan eksportir minyak terbesar dunia dan pendukung Washington untuk menahan pengaruh Iran di Timur Tengah.

Erdogan mengatakan, untuk pertama kalinya ketiga negara Uni Eropa telah mendengar rekaman pembunuhan Khashoggi tersebut.

“Kami memberikan rekamannya. Kami memberikannya ke Arab Saudi, Amerika Serikat, Jerman, Prancis, dan Inggris. Mereka telah mendengarkan semua percakapan di dalamnya. Mereka tahu,” kata Erdogan.

Direktur CIA Gina Haspel mendengar rekaman audio tentang kematian Khashoggi ketika dia mengunjungi Istanbul. Dua sumber mengatakan kepada Reuters bulan lalu. Seorang utusan senior Saudi juga mendengarkan rekaman tersebut.

Erdogan tidak memberikan rincian isi rekaman tersebut. Namun dua sumber dengan pengetahuan tentang masalah tersebut mengatakan, kalau Turki memiliki beberapa rekaman audio. (met/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!