Narkoba Masuk Rutan, Karutan Kelas 1 Makassa Akui Kecolongan dan Lemah Pengawasan

Senin, 12 November 2018 - 20:26 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Peredaran narkoba di dalam Rumah Tahanan (Rutan) berhasil terungkap Tim operasional Polsek Rappocini. Dalam pengungkapan itu, polisi mengamankan empat narapidana yang terlibat transaksi narkoba di dalam Rutan Kelas 1 Makassar.

Keempat napi itu masing-masing adalah, Nurjumain, 21; Alimuddin alias Sobek, 29; Saldy, 26 dan Ahmad alias Botak, 31. Mereka diamankan, setelah tertangkap basah bersama barang bukti, 2 paket sabu siap konsumsi. Sabu didapat, dari hasil pembelian sesama napi Rutan.

Kepala Pengamanan Rutan Kelas 1 Makassar, Ilham, tak menampik jika pihaknya kembali kecolongan terkait kasus peredaran sabu di Rutan. “Kedepan kita pasti akan tingkatkan lagi penggeledahan sama pengunjung dan titipan barang yang datang,” kata Ilham, dalam rilis penangkapan napi edarkan narkoba di Rutan, di Mapolrestabes Makassar, Senin (12/11).

Terungkapnya persoalan narkoba di Rutan Kelas 1 Makassar, bukan kali pertama. Beberapa bulan lalu, tepatnya di awal September 2018, kasus yang sama juga terjadi. Kala itu, sipir Rutan terlibat sebagai pemasok yang dikendalikan oleh napi yang menjalani masa hukuman kasus narkoba dalam Rutan.

Proses pengawasan lanjut Ilham, telah dilakukan semaksimal mungkin. Namun, karena luput dari pemeriksaan, barang haram itu masuk hingga beredar di dalam Rutan. “Kan biasanya sore hari itu baru banyak titipan masuk dari keluarga atau dari orang luar. Tapi setiap kita periksa, pasti ada-ada saja caranya itu bagaimana narkoba ini masuk di dalam,” terangnya.

Pihaknya menjamin, ke depan sistem pengawasan hingga pemeriksaan setiap pengunjung serta barang bawaan akan diperiksa dengan teliti. Untuk keempat napi, Ilham mengatakan, pihaknya menyerahkan sepenuhnya proses penanganan hukum kepada kepolisian.

Terungkapnya kasus ini, berawal dari tertangkapnya tersangka Sobek oleh Sipir Rutan bernama John. Saat itu, Sobek membawa 2 paket sabu di blok F Rutan, sekitar pukul 11.30 WITA, Senin (12/11). Barang haram itu rencananya akan dikirimkan kepada Nurjamin dan Saldi di blok berbeda. Berdasarkan hasil pemeriksaan, Sobek mendapatkan sabu dari napi lainnya, bernama Botak.

Untuk diketahui, Nurjumain dan Saldy merupakan napi dalam perkara pencurian dan kekerasan. Sementara Alimuddin alias Sobek dan Ahmad alias Botak, merupakan napi dalam perkara narkoba. Sejauh ini keempat napi tersebut telah dilimpahkan proses penanganan hukumnya di Mako Polrestabes Makassar. (ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.