Polemik Daftar Pemilu 2019 Sulsel Menjadi Topik Hangat di Diskusi Publik JaDI

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Forum Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) Sulsel, menyelenggarakan diskusi publik dengan mengulas data pemilih yang memiliki peran krusial dalam pelaksanaan pemilu 2019.

Kegiatan yang berlangsung di Red Corner Coffee Cafe, jalan Yusuf Dg Ngawing, Kota Makassar, Senin (12/11/18), menghadirkan Komisioner Data dan Program KPU Propinsi Sulsel Uslimin, Ketua KPU Sulsel periode 2013-2018 Iqbal Latif, Komisioner Bawaslu Sulsel Saiful, dan Presidium JaDI Mardiana Rusli.

Dalam diskusi tersebut, beberapa problem data pemilih menjadi topik perbincangan. Menurut Uslimin, masalah data kepemiluan salah satunya adalah sosialisasi dan kesadaran publik untuk ikut perekaman e-KTP sebagai syarat wajib terdaftar dalam DPT.

“Sosialisasi belum sampai ke grass root. Yang kedua boleh jadi sudah sampai di masyarakat, tapi masih masyarakatnya masih apatis. Buktinya waktu kita buka stand di Pantai Losari, masyarakat mau melakukan perekaman kalau ada hadiahnya padahal gratis,” jelas Uslimin.

Ia melanjutkan, Pemilu 2019 tercatat 5.972.161 DPT hasil Perbaikan di Sulsel. Jumlah  diperkirakan akan terus bertambah untuk dilakukan pemutakhiran dalam waktu dekat.

Selain itu, matan Pimpinan Redaksi Harian Fajar itu juga menyebutkan bahwa polemik untuk DPT yang telah meninggal dunia akan segera dirampungkan. Mengingat masih banyaknya pemilih yang masuk dalam DPT meski telah lama meninggal dunia di Sulsel.

“Itu bukan DPT, itu ada DP4 yang diserahkan oleh Capil yang 31 juta se-Indonesia, itulah yang kami bersihkan kembali. Jadi angka 31 juta yang diserahkan dan di Sulsel itu ada 856 ribu,”ujarnya

Uslimin menambahkan, data itu ada yang meninggal bertahun-tahun tapi masih ada, dan Capil sendiri telah mengakui bahwa pemutakhirannya tidak bersih. “Nah, itulah kemudian dilakukan verifikasi, sinkronisasi dan coklik terbatas yang dilakukan oleh teman-teman kabupaten/kota, PPK dan PPS,” ungkap Uslimin.(ade)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...