Tiga Jenazah Kembali Teridentifikasi, Tim DVI Periksa Ulang Sampel DNA

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tim Disaster Victim Identifikation (DVI) terus bekerja kendatipun evakuasi terhadap korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 dihentikan sejak akhir pekan lalu.

Wakil Kepala Rumah Sakit Polri Jakarta Kombes Pol Hariyanto mengatakan, hari ini, mereka kembali berhasil mengidentifikasi jenazah tiga penumpang.

“Kami sampaikan hasil sidang rekonsiliasi pada Senin pukul 14.00 WIB, ada tiga penumpang yang dinyatakan teridentifikasi,” ujarnya saat menggelar konferensi pers di RS Polri Jakarta, Senin (12/11).

Adapun ketiga jenazah teridentifikasi melalui pemeriksaan DNA. Yakni, Sandi Johan Ramadhan, 27; Deryl Vida Febrianto, 22; dan Firmansyah Akbar, 42.

Dengan begitu, total sudah ada 82 penumpang yang teridentifikasi hingga saat ini. “Terdiri dari laki-laki sebanyak 62 orang dan perempuan 20 orang,” imbuhnya.

Ketiga jenazah itu akan diserahkan kepada pihak keluarga hari ini juga. Terkait jumlah yang teridentifikasi semakin sedikit, tidak dipungkiri karena faktor kondisi jenazah yang semakin memburuk.

Namun pihaknya enggan menyerah. Tim Automatic Fingerprint Identification System (Inafis) sedang mengembangkan beberapa cara untuk mengidentifikasi beberapa jenazah.

“Inafis masih mengembangkan beberapa sampel postmortem yang Insya Allah akan kami umumkan,” sebutnya.

Termasuk dengan para ahli DNA. Mereka tengah melakukan pengulangan terhadap beberapa sampel yang tidak memberikan informasi apapun.

Bodypart yang tidak memberikan informasi, diambil kembali sampel DNA-nya untuk kemudian dicocokan kembali dengan data di posko antemortem.

Sejauh ini tidak diterangkan berapa bodypart yang diulang terkait pemeriksaan DNA. “Mudah-mudahan ada teridentifikasi dari yang tersisa,” imbuhnya. (dna/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...