Bawa Makassar Raih Award Wistara Kota Sehat, Danny Pomanto: Alhamdulillah

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto kembali membawa daerah yang dipimpinnya meraih prestasi membanggakan.

Kali ini pria yang karib disapa Danny Pomanto itu membawa Makassar meraih penghargaan Swasti Saba Wistara Kota Sehat dalam rangkaian Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54.

“Alhamdulillah, Makassar kembali meraih penghargaan dari Kemenkes. Ini menjadi bukti Makassar berada dalam trek yang benar, khususnya pada bidang kesehatan,” ucap Danny, Kamis (15/11).

Pria berlatar belakang arsitek itu menambahkan, ada banyak program Pemkot Makassar yang sudah dicanangkan, terutama untuk sektor kesehatan.

Danny mencontohkan home care hingga lorong sehat (longset) yang diterapkan di Makassar.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah yang bertindak sebagai inspektur upacara mengatakan, tema yang diangkat pada tahun ini adalah Aku Cinta Sehat, sedangkan subtemanya ialah Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita.

Tema ini sejalan dengan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) yang menekankan pada upaya promotif dan preventif sebagai pendekatan pembangunan kesehatan.

“Kesempatan ini juga merupakan momentum yang baik untuk kita merenungkan dan introspeksi terhadap apa yang telah kita capai dalam pembangunan kesehatan,” kata Nurdin.

Nurdin menambahkan, banyak daerah yang menjadi contoh bagus untuk bidang kesehatan.

Daerah-daerah itu melakukan berbagai terobosan seperti health care center, dan ambulance mobile.

Secara khusus dia menyebut program home care di Kota Makassar sebagai salah satu yang layak dicontoh.

Dia meminta daerah yang masih memiliki angka gizi rendah dan kematiaan ibu melahirkan sangat tinggi untuk mencontoh daerah yang sukses menekan hal-hal itu.

“Jangan malu mencontoh dan jangan malu membuat sebuah terobosan dari hasil pengembangan orang. Yang penting bagi kita, ini adalah program kemanusian,” kata Nurdin. (jos/jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...