Berhasil Bina UMKM, Adnan Raih Natamukti dari Menkop UKM

Kamis, 15 November 2018 - 14:53 WIB

FAJAR.CO.ID, GOWA – Satu lagi kado di Hari Jadi Gowa ke 698 tahun ini. KabupatenGowaa menerima penghargaan piala Natamukti 2018 dan diterima Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah AAGN Puspayoga, Kamis (15/11/2018) di Graha Widya Bhakti, Gedung 123 Kawasan Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan.

Bupati Adnan dan Wakilnya Abd Rauf Malaganni dinilai selama kurun dua tahun lebih berjalan memimpin Gowa didaulat sebgaai kabupaten yang mendorong keberlangsungan UMKM sehingga dianugerahi Piala Natamukti dari International Indonesia Council for Small Bussiness (ICSB).

Usai menerima penghargaan ini, Adnan menyatakan rasa syukurnya atas capaian tersebut, pasalnya UMKM merupakan salah satu program prioritas Pemkab Gowa.

“Saya bersyukur kepada Allah SWT karena program prioritas saya bersama pak wabup yaitu UMKM unggulan setiap desa/kelurahan mendapatkan apresiasi, ini berkat kerja keras Pemkab Gowa dan berkat dukungan seluruh masyarakat Gowa,” kata Adnan.

Menurutnya, salah satu cara yang dilakukan Pemkab Gowa dalam mengembangkan UMKM yakni peningkatan kapasitas melalui pelatihan mulai proses produksi hingga pemasaran. Bahkan dirinya memiliki kebijakan khusus yang fokus pada pemberian bantuan peralatan bagi UKM dalam rangkaian peningkatan kualitas dan daya saing produk.

“Peran pemerintah daerah dalam mendukung UKM menjadi pilar pendorong utama ekonomi lokal dan keberhasilan bupati dilihat bagaimana mendorong keberlangsungan UKM serta memasarkan dengan mendorong peningkatan kualitas dengan menumbuhkembangkan UKM di Gowa, inilah mengapa kita bisa memperoleh penghargaan Natamukti ini,” beber Adnan.

Sementara itu, President Of ICSB Indonesia, Hermawan Kartajaya mengatakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan roda penggerak ekonomi yang menjadi perhatian pemerintah dan lembaga internasional saat ini.

Hermawan juga menjelaskan ICSME sebagai Host Organization ICSB Indonesia, bersama dengan Kementerian UKM menginisisasi sebuah penghargaan Piala Natamukti sebagai apresiasi kepada kabupaten dan kota yang berhasil mendorong keberlangsungan UMKM di daerah masing-masing.

“Ada 42 kabupaten/kota yang menerima, dimana diantaranya 21 kota dan 21 kabupaten. ICSB sendiri memiliki 85 negara perwakilan yang berkantor pusat di George Washinton University AS,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) RI,  AAGN Puspayoga, sekaligus menyerahkan penghargaan Piala Natamukti, berharap agar penghargaan ini menjadi motivasi para kepala daerah untuk terus berinovasi dalam pengembangan UMKM sebagai penggerak ekonomi kerakyatan. (saribulan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.