Dua Tersangka KM Lestari Maju Segera Disidangkan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Dua orang tersangka insiden KMP Lestari Maju segera menjalani persidangan. Kepastian ini diungkapkan Kasipenkum Kejati Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar) Salahuddin.

Persiapan persidangan dilakukan setelah Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah melimpahkan berkas perkara dua tersangka ke Pengadilan Negeri (PN) Selayar. Dua berkas perkara terdakwa yang telah dilimpahkan itu milik nakhoda Agus Susanto dan perwira Posker Kesyahbandaran Pelubuhan Bira, Bulukumba, Kuat Marianto.

“Minggu lalu berkasnya sudah dilimpahkan ke Pengadilan,” kata Salahuddin, Jumat (16/11).

“Sidangnya digelar di Pengadilan Selayar karena pelimpahan tahap dua dan lokus perkara di Selayar,” lanjutnya.

Sementara untuk berkas tersangka pemilik kapal, Hendra Yuwono belum bisa dipastikan. Mengingat informasi yang diterima JPU, hanya dua tersangka awal yang telah dilimpahkan berkasnya.

“Untuk yang terdakwa lainnya, saya belum dapat informasinya. Hanya dua terdakwa saja yang sudah dilimpahkan perkaranya,” tegasnya.

Proses penyerahan tahap dua untuk tiga tersangka sebelumnya dilakukan terpisah (splitsing). Penyidik Polda lebih dulu menyerahkan berkas nakhoda kapal ke Kejari Selayar, Senin lalu (5/11). Menyusul berikutnya, berkas penyidikan Kuat Marianto dan Hendra Yuwono, masing-masing pada 8 dan 11 November.

Seperti diketahui, kapal jenis Roro Feri itu berlayar dari Kabupaten Bulukumba, Tanjung Bira menuju Pelabuhan Pamatata, Selayar, Juli lalu. Lambung kapal mengalami kebocoran karena terpaan gelombang hingga mengakibatkan mati mesin. Seketika itu juga air langsung masuk ke dalam kapal.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : irwan kahir


Comment

Loading...