Kerap Pakai Kekerasan dan Bawa Sajam, Dinsos Turun Razia Pak Ogah

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Semakin meresahkan pengguna jalan, Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Sosial dan beberapa stakeholder terkait mulai turun melakukan razia Pak Ogah atau yang mengarahkan kendaraan di setiap bukaan.

Pasalnya, pak Ogah yang kerap berkeliaran di setiap pembelokan jalan, berdampak langsung terhadap kelancaran lalu lintas. Bahkan mereka menggunakan cara kekerasan dengan membawa senjata tajam untuk meminta uang.

Kepala Dinas Sosial Kota Makassar, Mukhtar Tahir mengatakan, setelah pihaknya melakukan rapat koordinasi dengan beberapa instansi terkait, antara lain Satlantas dan Kepolisian, ia turun langsung melakukan penertibkan.

Untuk hari pertama razia Pak Ogah dilakukan di sepanjang Jalan Urip Sumoharjo hingga Jalan Printis Kemerdekaan, Jumat (16/11).

“Kita akan selesaikan persoalan Pak ogah yang selama ini meresahkan pengguna jalan. Hari pertama penertiban dilakukan di Jalan Urip Sumoharjo hingga ke Jalan Perintis dan akan terus dilakukan ke titik jalan lainnya,” kata Mukhtar.

Mukhtar pun menegaskan, setelah melakukan rapat bersama beberapa unsur terkait ada banyak hal yang perlu perhatian dan penyelesaian.

“Hal-hal yang harus diselesaikan, karena Pak Ogah sudah membawa alat-alat dan benda tajam. Ini bisa membuat orang celaka sehingga harus dilakukan razia, seperti panah dan parang,” ungkapnya.

Menurutnya, penertiban Pak Ogah belum memiliki payung hukum, untuk itu kata Mukhtar, Satuan Polisi Pamong Praja Kota Makassar akan mengusulkan regulasi berupa Perda yang mengatur terkait Pak Ogah.

“Sesuai dengan keputusan tadi bahwa pihak Satpol PP akan mengajukan regulasi dalam perda. Sementara tugas kami membina anak tersebut sehingga bisa mendapat kesejahteraan karena Kemensos sendiri tidak mengamanatkan persoalan ini, tapi kalau persoalan ekonomi Insya Allah dinsos akan menfasilitasi,” ujarnya.

Adapun titik wilayah yang kerap menjadi tempat Pak Ogah yakni sepanjang Jalan Urip Sumoharjo hingga ke timur Jalan Printis Kemerdekaan, Jalan Hertasning, Jalan Alauddin, Jalan Andi Pangeran Pettarani ke Timur Jalan Andi Tonro, Kecamatan Panakukang, Jalan Veteran. (arf/bkm/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...