MotoGP 2018: Ini Penyebab Kecelakaan Marc Marquez di Valencia

Senin, 19 November 2018 - 16:00 WIB

FAJAR.CO.ID – Marc Marquez gagal menuntaskan balapan terakhir di musim 2018. Pembalap Repsol Honda tersebut jatuh di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (18/11) kemarin.

Dikutip dari Crash, Marquez mengaku salah pilih ban sehingga terjadilah kecelakaan. Saat itu ia bersikeras memakai ban kompon medium di atas lintasan basah.

“Ini merupakan kesalahan terbesar saya. Sebab saya memilih untuk menggunakan ban berkompon medium. Padahal ketika di grid, seluruh tim, Santi, Alberto berkata jika mulai hujan, gunakan kompon soft agar saya baik-baik saja,” ucapnya.

“Saya lalu meminta untuk memasang ban tipe medium. Mereka lalu memasang ban berkompon medium, tapi ketika memulai balapan, hujan lebat langsung turun. Ini sangat sulit karena setiap waktu, temperatur ban bagian belakang menurun. Akhirnya saya mengalami kecelakaan,” jelasnya.

Lebih lanjut Marquez benar-benar menyesal dengan keputusan yang dibuatnya. Dia mengaku kesalahan yang dilakukannya kali ini benar-benar fatal.

“Jadi saat menggunakan kompon soft di sesi pemanasan, saya merasa sangat bagus, tapi kadang saya mengambil keputusan dan biasanya itu benar. Tetapi kali ini merupakan kesalahan terbesar. Saya beruntung sebab ini merupakan seri terakhir,” sesalnya.

Untuk diketahui, ban berkompon medium kurang baik untuk menyimpan panas. Ban berkompon itu juga memerlukan waktu lama untuk menyerap panas. Hal itu dapat berdampak pada daya cengkram ban dengan lintasan.

Berbeda dengan kompon soft yang lebih tahan lama dan dapat dengan cepat menyerap panas. Hal itu tentu sangat diperlukan di tengah-tengah sirkuit yang dialiri air hujan. Sebab ketika itu, suhu permukaan lintasan ikut menurun. (mat/JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.