Mobil Desa dengan Fungsi dan Tampilan Kota

FAJAR.CO.ID, TANGERANG – Selain sedan, multi purpose vehicle (MPV) maupun sport utility vehicle (SUV) mejeng di kontes modifikasi IMX 2018. Tidak ketinggalan dua kendaraan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) alias mobil desa turut tampil menggoda dengan versi modifikasi. Seperti apa bentuknya?

AMMDes yang dipermak oleh pihak National Modificator & Aftermarket Association (NMAA), kini tampil keren seperti mobil-mobil modifikasi lainnya.

Secara tampilan, AMMDes memang terlihat berbeda dibanding model standarnya. Jadi, wajar saja jika AMMDes mendapatkan pujian dari Menteri Perindustrian (Kemperin) Airlangga Hartarto dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Bambang Soesatyo.

Ada dua mobil AMMDes yang dimodifikasi dengan konsep yang berbeda. Tomi Gunawan sang penggawa rumah modifikasi Tomi Airbrush menjelaskan, untuk mobil yang warna putih, Tomi mendesain lebih menggutamakan unsur Indonesia. Karena, kata Tomi, mobil tersebut merupakan mobil pedesaan.

“Kami buatkan suatu motif batik dari berbagai ciri khas Pulau Jawa dituangkan ke bodi mobil ini, sehingga nuasanya itu lebih Indonesia. Itu dengan motif yang simpel,” ujar Tomi, Senin (19/11).

Sementara itu untuk AMMDes berkelir orange, Tomi mengubah hampir seluruh bagian eksterior. Di bagian depan, diubah total dari posisi lampu LED, gril baru dan bumper custome didesain ulang agar terlihat lebih kokoh.

Beberapa aksen tambahan pun disematkan seperti projector dan empat lampu yang dipasang di kaca utama. Tujuannya, agar memberi pencahayaan maksimal saat malam hari.

“Misalnya mobil ini bakal masuk di pedesaan yang banyak pohon-pohon kan agak gelap. Dengan hadirnya lampu itu bisa membantu mereka agar pencahayaan lebih terang,” tutur Tomi.

Kemudian bagian samping, Tomi menambahkan overfender 10-12 sentimeter pada sisi kiri-kanan. Deck belakang didesain ulang menggunakan bahan plat galvanis, sehingga bentuknya jadi jauh lebih dari yang pertama.

“Kami juga sudah mengetes deck terdebut untuk kekuatanya dengan menaikan sebuah motor custome. Tapi sejauh ini tidak ada masalah,” terang Tomi.

Selain, itu juga membuat rangka pada bagian depan mobil dengan bahan pipa. Karena menurut dia, ketika mobil itu masuk ke pedeaaan dengan kontur jalan yang jelek, apalagi sampai terbalik diyakini mobil itu tidak akan terjadi apa-apa.

“Dengan adanya tiang roll-bar jadi mobil ketika terbalik tidak akan ada masalah. Dan sasis pun lebih kuat,” pungkas Tomi.

AMMDes merupakan kendaraan angkut buatan Kiat Mahesa Wintor (KMW). Kendaraan itu dibekali mesin diesel bertenaga 14 dk pada 2.400 rpm.

Mobil pikap itu punya bobot 800 kg dan punya daya angkut mencapai 700 kg. AMMDes bisa menunjang berbagai jenis pekerjaan, AMMDes bisa digunakan untuk membawa pompa air, pemutih beras, selep padi, dan genset. (mg9/jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono

Comment

Loading...