UEFA Nations League: Imbangi Jerman, Belanda Tembus Semifinal

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, GELSENKIRCHEN – Timnas Belanda menembus semifinal UEFA Nations League. Sempat tertinggal dua gol, De Oranje bermain imbang 2-2 kontra Jerman.

Pada laga keempat Liga 1 Grup A yang dihelat di Veltins Arena, Gelsenkirchen, Selasa (20/11) dini hari WIB, Belanda tertinggal dua gol lebih dulu di babak pertama dalam tempo 20 menit lewat gol-gol Timo Werner dan Leroy Sane.

Dengan posisi seperti ini, Belanda cuma finis posisi kedua grup dan Prancis yang lolos. Namun, di lima menit terakhir pertandingan, Belanda comeback. Diawali gol Quincy Promes di menit ke-85, kapten Virgil van Dijk memastikan kelolosan Belanda di menit ke-90.

Tambahan satu poin sudah cukup memastikan kelolosan Belanda ke semifinal. Belanda finis juara grup dengan tujuh poin, sama dengan milik Prancis, tapi unggul selisih gol. Jerman degradasi ke Liga 2 tanpa satu kemenangan pun dari empat laga dengan dua poin.

Dalam pertandingan ini, Jerman yang nothing to lose di laga ini justru tancap gas sejak menit awal dan langsung menekan pertahanan Belanda. Hasilnya gawang Jasper Cillessen sudah bobol di menit kesembilan.

Toni Kroos memegang bola dan kemudian memindahkan ke sisi kiri yang ditempati Serge Gnabry dan mengirim umpan silang ke kotak penalti. Werner menerima dengan dada dan menuntaskan lewat sepakan voli dari luar kotak penalti ke pojok kanan gawang.

Usai gol cepat tersebut, Jerman mampu mengendalikan permainan dan membuat Belanda kesulitan. Lini belakang Belanda yang dikomandoi Van Dijk tampak kewalahan menghadapi serangan tuan rumah.

Jerman menghukum Belanda lagi ketika lalai menjaga pertahanan di menit ke-19 dan membiarkan Sane dengan mudah mengontrol umpan panjang Kroos. Sane, yang dikawal 2-3 pemain di dekan kotak penalti, melepaskan sepakan kiri kiri dan bola mengenai lawan dulu sebelum menjebol jala Cillessen.

Belanda tak bisa mengembangkan permainan di babak pertama mengingat Jerman terus-menerus menekan. Bahkan tuan rumah nyaris mencetak gol ketiga di menit ke-41 andaikan tandukan Gnabry meneruskan crossing Nico Schulz tak melebar.

Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Belanda memasukkan Javairo Dilrosun menggantikan Ryan Babel yang tak bermain efektif selama babak pertama. Tapi, Jerman masih saja menguasai jalannya pertandingan.

Di menit ke-62 Werner punya kans membuat gol keduanya ketika menerima umpan silang Gnabry. Berhasil lepas dari kawalan Kenny Tete, Werner cuma bisa mengarahkan bola ke sisi gawang.

Belanda mendapat peluang emas ketika Memphis sukses menaklukkan Nicklas Sule dan Mats Hummel sebelum menembak bola yang bisa diselamatkan Neuer.

Tim tamu akhirnya bisa bikin gol di menit ke-85 setelah pertahanan Jerman gagal mengantisipasi bola crossing Daley Blind. Frenkie de Jong mendapat bola liar dan mengirim kepada Marten de Roon yang malah mengumpan lagi kepada Promes, untuk dituntaskan lewat sepakan melengkung dari luar kotak penalti.

Laga tampaknya akan berakhir untuk kemenangan Jerman dan Belanda pun gagal lolos. Tapi, keajaiban terjadi saat laga memasuki menit ke-92 ketika bek-bek Jerman lagi-lagi gagal membuang bola crossing Belanda dan kali ini jatuh di jalur tembak Van Dijk yang menghantamnya keras-keras untuk menjebol jala Manuel Neuer.

Skor 2-2 menjadi penutup laga itu dan Belanda berhak atas tiket semifinal. (det)

 

Susunan pemain

 

Jerman: Manuel Neuer; Niklas Sule, Mats Hummels, Antonio Rudiger; Thilo Kehrer, Joshua Kimmich, Toni Kroos, Nico Schulz; Serge Gnabry (Thomas Mueller 67′), Leroy Sane (Leon Goretzka 80′); Timo Werner (Marco Reus 63′).

 

Belanda: Jasper Cillessen; Kenny Tete, Matthijs de Ligt, Virgil van Dijk, Daley Blind; Marten de Roon, Frenkie de Jong, Georginio Wijnaldum (Tonny Vilhena 60′); Quincy Promes, Memphis Depay, Ryan Babel (Javairo Dilrosun 46′) (Luuk de Jong 66′)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...