5 Peran Ginseng Bagi Kesehatan Mulai dari Gairah Seksual Hingga Cegah Kanker

FAJAR.CO.ID - Di kehidupan yang semakin sibuk saat ini, sangat penting bagi setiap orang untuk sadar dalam menjaga kesehatan. Terutama memanfaatkan bahan-bahan alami.

Salah satunya ginseng yang sudah lama dipercaya di negara-negara Asia, yang biasanya digunakan sebagai pengobatan. Dilansir dari Well And Good, Kamis (22/11), berikut lima manfaat ginseng untuk meningkatkan kesehatan Anda termasuk seksual.

  1. Melawan Peradangan

Menurut hasil eksperimen di Journal of Translational Medicineelas kelas tanaman yang dimiliki ginseng (ginsenosides) memiliki efek anti-radang. Penelitian menunjukkan bahwa ginsenosides ini menargetkan jalur sistem kekebalan yang pada akhirnya memerangi peradangan.

  1. Meningkatkan Dorongan Seksual

Ginseng mengandung senyawa yang mirip dengan kortison. Bahan-bahan ini merangsang korteks adrenal, mempromosikan produksi hormon seks, dan menjadikan ginseng sebagai favorit selama berabad-abad untuk meningkatkan dorongan seksual. Studi ini menunjukkan bahwa ginseng meningkatkan dorongan seks pada wanita premenopause dan dapat membantu pria dengan disfungsi ereksi.

  1. Mencegah dan Meringankan Efek Samping Kanker

Penelitian telah mengaitkan asosiasi positif penggunaan ginseng pada penderita kanker payudara. Temuan menunjukkan bahwa pasien yang menggunakan ginseng sebelum pengobatan kanker memiliki tingkat kelangsungan hidup yang lebih tinggi, dengan penggunaan setelah perawatan meningkatkan kualitas hidup.

  1. Bermanfaat Bagi Penderita Diabetes Tipe 2

Studi lain telah menghubungkan suplementasi ginseng dengan peningkatan kontrol gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Studi ini menemukan bahwa ketika penderita diabetes mengonsumsi ginseng saat mengonsumsi gula, maka peningkatan gula darah mereka lebih sedikit. Studi lain menemukan bahwa ginseng mampu membuat orang lebih responsif terhadap insulin.

  1. Mencegah dan Memerangi Flu

Ginseng dapat membantu mengobati dan mencegah influenza. Termasuk virus pernapasan syncytial, yang menginfeksi paru-paru dan saluran pernapasan menurut temuan penelitian oleh seorang ilmuwan di Institut baru Georgia untuk Ilmu Biomedis. (Inr/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono


Comment

Loading...