Rumah Karaoke Lyrics di Makassar Disegel Satpol PP, Ini Penyebabnya

Kamis, 22 November 2018 - 15:33 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) terpaksa menyegel salah satu bisnis rumah bernyanyi milik Lyrah Virna, Lyrics yang beralamat di Jalan Pelita Raya Kota Makassar, Kamis (22/11/18).

Penyegelan tersebut terkait sejumlah surat izin usaha yang belum diperpanjang pihak pengelolah. Akibatnya, sekitar 15 anggota Satpol PP diturunkan untuk melakukan penyegelan.

“Sekitar 15 anggota yang turun, dan mungkin akan ada lagi usaha demikian yang memiliki nasib yang sama,”ujar Penyidik PNS Satpol PP, M Munir Alianto.

Penyegelan tersebut sesuai keputusan persidangan nomor 11/Pid.TPr/2018/PN.Makassar tanggal 14 November 2018 putusan sidang rumah bernyanyi keluarga Lyrics.

Kepala Seksi Industri Pariwisata Kota Makassar, Nazaruddin mengatakan bahwa rumah bernyanyi Lyrics disegel karena surat izinnya sudah mati selama beberapa bulan. Sementara pihak pengelolah tidak ada niat untuk memperpanjang.

“Ini sebenarnya pembekuan usaha, pemanggilan sudah kita lakukan tapi tidak diindahkan jadi kita limpahkan ke pengadilan negeri Makassar,”tegas Nazaruddin.

Usaha rumah bernyanyi Lyrics ini melanggar Pasal 31 ayat 1 peraturan daerah kota Makassar nomor 5 tahun 2011 tentang tanda daftar usaha pariwisata. Dan Pasal 16 peraturan daerah kota Makassar nomor 4 tahun 2014 tentang pengawasan dan pengendalian pengadaan, peredaran dan penjualan minuman beralkohol.

Menurutnya, penyegelan akan dicabut jika pihak Lyrics sudah memiliki surat izin yang lengkap alias sudah diperpanjang. Tentunya, pihak Lyrics harus membayar denda yang sudah ditetapkan dari sidang putusan.

“Sudah ada keputusan pengadilan kan, jadi itu sudah inkracht. Ini juga termasuk peringatan bagi teman-teman pengusaha, jangan bermain dalam membuat usaha, harus ada izinnya. Pemerintah tegas kok,”pungkasnya.(sul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.