Penyebar Hoaks Jokowi Anggota PKI Diringkus Polisi

Jumat, 23 November 2018 - 20:47 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Usai Presiden Joko Widodo (Jokowi) curhat di berbagai acara soal hoaks sebagai anggota PKI, pihak Bareskrim Polri langsung bergerak. Setelah melakukan penyelidikan, Subdit I Dittipid Siber Mabes Polri berhasil menangkap pemilik akun Instagram SR23, Jundi, 27.

Jundi ditangkap di Aceh pada 15 Oktober 2018 lalu. Pelaku memiliki akun lain yang memposting foto yang Presiden Jokowi dan menyebutnya sebagai seorang anggota PKI.

“Juga ada beberapa gambar konten yang disebarkan,” kata Kasubdit I Dittipid Siber Mabes Polri, Kombes Dani Kustoni di Kantor Bareskrim Polri, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (23/11).

Sebenarnya akun milik Jundi sudah kerap diblokir oleh instagram karena melanggar aturan bersosial media. Tapi, dirinya membuat akun baru seperti, suararakyat23, suararakya123id, suararakyat23.ind, sr23.offlcial, sr23offlcial, sr23_offlcial, suararakyat23_ind, dan scrt_dta. “Ada 143 file baik itu foto atau pun stempel menggunaan SR23. Yang bersangkutan membuat meme dan gambar editing sendiri,” ujarnya.

Dani Kustoni menambahkan pihaknya masih mendalami kasus ini. Berdasarkan keterangan pelaku, dia melakukan penyebaran berita hoaks atas inisiatif sendiri. Namun, aparat kepolisian tidak begitu saja percaya atas pengakuan pelaku.

“Masih pendalaman untuk itu. Namun ada beberapa kepentingan terbatas pada kehidupan ekonomi yang bersangkutan. Salah satu contoh untuk mengisi pulsa atau ada permintaan mendukung mengisi,” pungkas dia. (dna/JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.