Fujifilm GFX 50R Resmi Meluncur, Segini Harganya

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Fujifilm kembali mengumumkan peluncuran kamera terbarunya. Kali ini yang dibawa adalah kamera mirrorless medium format Fujifilm GFX 50R.

Kamera mirrorless digital ini dilengkapi sensor gambar Fujifilm G dengan medium format (43,8×32,9mm) dan ukuran 1,7 kali ukuran sensor gambar pada kamera full frame 35 mm.

Presiden Direktur PT Fujifilm Indonesia, Noriyuki Kawakubo mengatakan, GFX 50R mampu menunjukkan karakteristik hasil foto yang jernih dan superior.

“Kamera ini memiliki bobot 145 gram lebih ringan dan 25 mm lebih ramping dibandingkan pendahulunya GFX 50S. Sejak diluncurkan pada bulan Januari 2017, kamera GFX 50S menuai banyak respon positif dari para fotografer profesional,” ujarnya di acara peluncuran Fujifilm GFX 50R di Jakarta, Sabtu (24/11).

Sebagian fotografer, lanjutnya, terutama yang memiliki spesialisasi di pemotretan pernikahan, portrait, dan street photography, menginginkan kamera yang lebih praktis dan ringan untuk dibawa-bawa. “Memenuhi kebutuhan tersebut, kami hadirkan GFX 50R sebagai penerus kamera film berformat medium, seperti GA 645 dan GF670,” imbuhnya.

Lebih jauh, sistem GFX yang merupakan kamera mirrorless dengan medium format saat ini diklaim menawarkan kompatibilitas dengan tujuh lensa Fujinon GF, yang mencakup focal length dari 23 mm (setara dengan 18 mm dalam format film 35 mm) hingga 250 mm (setara dengan 198 mm dalam format film 35mm). Semua lensa GF ini diklaim mampu mencapai resolusi gambar hingga 100 MP, sehingga pengguna dapat mengandalkan kamera GFX untuk mengikuti tuntutan perkembangan jaman di masa depan.

Dalam kesempatan yang sama, General Manager PT Fujifilm Indonesia, Johannes J. Rampi mejabarkan, kamera GFX 50R dibekali sensor CMOS dan X-Processor Pro Image, yang memiliki kemampuan menangkap setiap piksel lebih baik dibandingkan dengan kamera 3 5mm full frame sensor dengan resolusi yang sama.

“Lensa-lensa mikro di dalamnya dirancang untuk mengoptimalkan kemampuan menjaring cahaya dan resolusi gambar. Hasilnya, GFX 50R dapat memproduksi gambar dengan menangkap tekstur subjek, dimensi, hingga atmosfir setiap frame dengan akurat,” jelasnya.

Untuk menghadirkan kemudahan transfer foto antargawai, kamera GFX 50R merupakan produk pertama dalam lini GFX yang menghadirkan sistem teknologiBluetooth low-energy, sehingga pengguna dapat langsung mengunduh foto-foto melalui aplikasi FUJIFILM Camera Remote di ponsel.

Selain itu, kamera ini juga dikatakan dirancang tahan cuaca dan tahan debu, serta dapat beroperasi pada suhu serendah minus 10 derajat celcius sehingga fotografer profesional dapat menggunakan kamera ini dalam kondisi luar ruangan yang ekstrem.

Bersamaan dengan peluncuran kamera GFX 50R, Fujifilm turut memperkenalkan lensa terbaru FUJINON XF 200 mm F2 R LM OIS WR Lens, lensa utamatelephoto dengan diameter lebar untuk melengkapi kamera Fujifilm serial X. Lensa ini menggunakan teknologi reproduksi warna khas Fujifilm untuk memberikan kualitas foto cemerlang. Lensa XF 200 mm dikatakan merupakan lensa telephoto pertama yang menawarkan fungsi aperture maksimum f/2.0 dengan focal length200 mm.

Tak hanya itu, Fujifilm juga meluncurkan lensa Fujinon XF 8-16 mm f/2.8 R LM WR – lensa wide aperture dengan angle zoom ultra-wide. Lensa ini memilikifocal length dengan sudut terlebar di dunia, yaitu 18 mm (setara dengan focal length 12 mm pada format 35 mm) dan tingkat kecerahan aperture maksimum f/2.8. Dengan sudut pandang ultraw wide, lensa XF8-16 mm f/2.8 disebut ideal digunakan untuk pemotretan lanskap yang dinamis, night photography, atau di ruanganindoor dengan pencahayaan minim.

Harga dan ketersediaan, ketiga produk yang dikenalkan Fujifilm  tersebut saat ini masih dalam masa pre-order di Blibli Instore. Urusan kantong, kamera mirrorless medium format GFX 50R dijual dengan harga Rp 69,9 juta. Sementara untuk lensa XF 200mm dijual Rp 82,9 juta, dan lensa XF8-16 mm dijual Rp 26,9 juta. GFX 50R dan seri lensa terbaru ini akan tersedia secara offline pada 26 November 2018 mendatang. (ryn/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...