Adu Fisik Antara Warga dan Pasukang Keamanan di Lapangan Merdeka Bone

Senin, 26 November 2018 16:24

FAJAR.CO.ID, BONE — Sejumlah warga mendatangi Lapangan Merdeka Watampone, Senin, 26 November. Mereka bersenjatakan kayu dan benda tumpul lainnya.
Tak lama, mereka tersulut emosi dan terlibat dalam adu fisik dengan pasukan keamanan. Diantaranya kepolisian, TNI, Kesbangpol, hingga personel BPBD. Mereka berusaha meredam aksi anarkis dari massa yang tiba di Lapangan Merdeka.
Kepala Dinas Kesbangpol Bone, Dray Vebrianto menjelaskan, aksi itu hanya bagian dari simulasi konflik. Mereka menggelar simulasi sebagai antisipasi atas berbagai konflik sosial yang kerap dibumbui oleh hoaks atau provokasi.
“Bagaimana penanganan kita pada saat konflik sosial, posko yang kita pakai ini berbeda dengan apa yang dilaksanakan posko TNI maupun Polri. Kita mengacu pada UU yang baru namun kita tidak lepas dari bantuan TNI maupun Polri,” terangnya.
Simulasi itu dilaksanakan dengan deklarasi damai. Artinya, kata dia, persoalan seharusnya bisa diselesaikan tanpa perlu diwarnai kekerasan. Penyelesaian semacam itulah yang paling penting dalam Gladi Posko Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial di Kabupaten Bone.(fo)
Bagikan berita ini:
7
6
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar