Hari Ini Jokowi Resmikan Tol Sragen-Ngawi

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, SRAGEN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan ruas tol Sragen-Ngawi, Rabu (28/11) pagi. Usai peresmian, jalan tol sepanjang 51 kilometer itu bisa dilintasi secara gratis oleh pengguna jalan selama seminggu. Selanjutnya akan dikenakan tarif sebesar Rp 1.000 per kilometernya.

Direktur Utama (Dirut) PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), David Wijayatno mengatakan, sebelum diresmikan jalan tol ruas Sragen-Ngawi sudah melalui beberapa tahapan. Seperti uji laik jalan dan juga tahapan yang lainnya.

Setelah dipastikan lolos uji, maka dilakukan operasional jalan tol. “Kemarin sudah melalui uji laik jalan, dan ini dilakukan peresmian. Untuk seminggu pertama, pengguna kendaraan yang melintas akan tidak dikenakan tarif atau tarifnya nol rupiah,” terang David disela peresmian.

Setelah penerapan tarif nol rupiah, maka pengguna akan dikenakan tarif normal seperti jalan tol di ruas Solo-Sragen yakni Rp 1.000 per kilometernya. Selama sepekan tersebut, jika ada pengguna jalan yang melintas dari Solo dengan tujuan Ngawi maka hanya akan dikenakan tarif mulai dari Solo sampai Sragen saja. “Sedangkan untuk Sragen-Ngawi masih nol rupiah,” imbuhnya.

Di ruas tol Sragen-Ngawi terdapat tempat istirahat, dan juga beberapa warung kuliner khas. Keberadaan masakan tradisional ini sesuai dengan arahan dari Presiden Jokowi saat peresmian jalan tol ruas Solo-Sragen beberapa waktu lalu.

“70 persen dari seluruh rest area yang ada adalah kuliner lokal, tidak boleh ada yang non lokal. Kami gandeng usaha kecil menengah (UKM) yang ada,” ungkapnya. (apl/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...