Kades Ini Bagi-bagi Bak Air Untuk Warganya

Kamis, 29 November 2018 - 13:25 WIB

FAJAR.CO.ID, PANGKEP — Kepala Desa Gentung, Kecamatan Labakkang Pangkep, bagi-bagi bantuan peralatan kebutuhan berupa bak air berukuran 600 liter. Program bantuan ini sudah menjadi kegiatan tahunan dari Desa Gentung kepada warganya.

Dalam pemberian bantuan bak air, ada 140 warga yang menerima. Selain bak air, ada juga program bantuan untuk warga berupa jamban sehat kepada 50 kepala keluarga dan telah dilakukan rehabilitasi 10 rumah warga kurang mampu.

Program bantuan ini telah dialokasikan melalui dana desa dan ADD. Hal ini diakui Kepala Desa Gentung, Hj Kamaria saat ditemui disela-sela penyerahan bantuan kepada warganya, Kamis (29/11/2018).

“Pemberian bantuan seperti bak air, jamban hingga rehabilitasi rumah warga kurang mampu merupakan kegiatan yang dilakukan pihak Desa setiap tahun. Kami sudah programkan dan didanai melalui dana desa dan ADD, ” kata Kamaria.

Bantuan tersebut, lanjut Kamaria, sudah sesuai dengan program Bupati Pangkep dalam rangka membantu warga kurang mampu.

Salah satu item warga disebut miskin karena tidak tersedia sarana kesehatan seperti bak air bersih jamban dan kondisi rumah. Makanya Desa Gentung meluncurkan program bantuan tersebut.

“Terutama kepada warga yang berdomisili di wilayah yang kesulitan air bersih diberikan bantuan bak air tersebut. Dalam pembagian bak air ini diserahkan langsung Camat Labakkang Muhammad Husni didampingi Kades Gentung Hj Kamaria dan dihadiri Kapolsek Labakkang dan beberapa pejabat ditingkat Kecamatan Labakkang,” pungkasnya.

Desa Gentung sendiri, seperti diakui Kades wanita ini bahwa dalam tahun anggaran 2018, pihaknya mengelola ADD sebesar Rp 1.185. 865. 000 dana desa sebanyak Rp 781. 192. 000, sehingga secara total dana yang dikelola di Desa Gentung sebesar Rp 1.967. 057. 000.

“Dari besaran dana inilah kami mengalokasikan anggaran untuk pengadaan bak air, jamban keluarga hingga rehabilitasi rumah warga kurang mampu, ” ujar Kades Gentung. (rusdi/bkm/fajar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.