Normalisasi Sungai di Makassar Terkendala Sampah

Kamis, 29 November 2018 18:16

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Saluran air di Kota Makassar yang masuk dalam wilayah pengerjaan normalisasi Balai Besar Sungai Pompengan dan Jeneberang (BBWSPJ) terdiri atas tiga kanal, yakni Pampang, Sinrilijala dan Panampu, Sungai Tello dan 4 saluran air, diantaranya saluran Perumnas Antang.
Panjang salura air tersebut yang bakal dinormalisasi oleh BBWSPJ adalah 34,05 km. Hanya saja pengerjaan normalisasi tersebut terkendala persoalan sampah.
Kepala BBWSPJ Teungku Iskandar mengatakan, butuh komitmen Pemkot Makassar untuk bekerjasama menangani persoalan sampah di saluran drainase. Karena selama ini, yang menghambat kerja-kerja BBWSPJ melakukan normalisasi adalah persoalan sampah.
Iskandar mengemukakan, selama dua tahun ditargetkan sepanjang 34,05 kilometer. Tahun ini telah dilakukan pembersihan dan pengerukan sepanjang 13,03 Km lebih.
Tahun depan pihaknya menargetkan 11,2 km. Mulai dari kanal Pampang 5,2 Km, kanal Sinrilijala 2,3 Km dan kanal Panampu 4,3 Km.
“Upaya mengembalikan fungsi saluran air ini butuh kerjasama semua pihak, terutama Pemerintah Kota Makassar, Pemda Gowa dan pelibatan Kodam XIV Hasanuddin,” katanya usai penanaman pohon dalam rangka Hari Bakti PU ke 73 di Waduk Tunggu Pampang, Rabu (28/11).

Bagikan berita ini:
5
9
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar