Di KTT G20, Trump Batalkan Pertemuan dengan Putin

0 Komentar

FAJAR.CO.ID – Para pemimpin dunia berkumpul di Argentina untuk hadir dalam acara tahunan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. KTT ini dilaksanakan di tengah ketegangan antara Rusia dan Ukraina dan juga perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok.

Presiden AS Donald Trump telah membatalkan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, sebagai protes atas penyitaan Rusia atas kapal angkatan laut Ukraina. Dalam KTT tersebut juga terdapat harapan akan kemajuan soal tarif dalam pembicaraan yang diharapkan Trump dengan Pemimpin Tiongkok Xi Jinping.

KTT ini juga merupakan tes diplomatik untuk Putra Mahkota Saudi Mohammad Bin Salman (MBS) di tengah pertanyaan yang terus berlanjut tentang keterlibatan negara Saudi dalam pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi di Turki.

Kasus yang masih memanas hingga saat ini adalah Rusia menangkap tiga kapal angkatan laut Ukraina dan 24 personel di  Laut Hitam pekan ini setelah menuduh mereka masuk tanpa izin. Trump mengatakan, dia tidak akan bertemu dengan Putin berdasarkan fakta bahwa kapal dan pelaut Ukraina belum dikembalikan.

Juru Bicara Putin, Dmitry Peskov mangatakan, “Jika demikian, Putin akan memiliki beberapa jam tambahan dalam program untuk pertemuan yang berguna di sela-sela KTT.”

Kanselir Jerman Angela Merkel menyalahkan krisis sepenuhnya di Rusia dan mengatakan, akan membicarakan masalah ini dengan Putin. Kedatangan Merkel sendiri pada KTT telah tertunda karena kesalahan teknis di pesawatnya. (iml/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...