Usulan Anggaran APBD Sulsel Rp2 Triliun, Disetujui Rp500 Miliar

Jumat, 30 November 2018 - 09:20 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Setelah melalui perdebatan alot dan panjang, Pemerintah Provinsi bersama DPRD Sulsel akhirnya menyetujui Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019. Namun dari Rp2 Triliun usulan anggaran, DPRD Sulsel hanya menyetujui Rp500 miliar.

Salah satu yang banyak mendapat sorotan adalah anggaran untuk pembangunan infrastruktur. Seperti diketahui, Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah ngotot memberikan porsi sekitar 30 persen untuk belanja modal sektor infrastruktur.

Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi Sulsel Jumras, mengatakan dari anggaran Rp2 triliun lebih yang diusulkan, DPRD hanya menyetujui Rp500 miliar untuk pembangunan jalan dan jembatan.

“Anggaran ini akan kita maksimalkan guna mendukung program strategis Pak Gubernur dan Wagub Sulsel. Termasuk untuk pembangunan beberapa jalan baru,” ungkapnya.

Salah satu jalan baru yang akan dibangun adalah poros Pangkep-Barru-Bone. Di jalur ini, Pemprov Sulsel bersama Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) XIII bahu-membahu mengerjakannya.

“Kami tangani bagian pembangunan jembatan. Ada dua yang akan dibangun. Satu di Kabupaten Barru dan satu lagi di Bone. Kalau jalan sekitar Rp30 miliar dari APBN,” ungkapnya.

Jumras menyebutkan, selain menyelesaikan kerusakan 500 kilometer jalan provinsi, pemprov juga memberikan hibah dalam bentuk keuangan untuk beberapa jalan kabupaten kota.

Mulai dari jalan pendukung pariwisata di Pantai Bira, Bulukumba dan kawasan wisata Tana Toraja. Serta jalur yang menghubungkan dua daerah terisolir di Luwu Timur, Seko dan Rampi. (rhm/bkm/fajar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.