Pekan Depan, Tes SKB Dipusatkan di Kantor BKN

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), rencana akan dihelat 4 Desember 2018 mendatang. Lokasinya, direncanakan juga akan digelar di kantor regional BKN.

Namun menurut Kepala Kantor Regional IV BKN Makassar Sayadi, jadwal itu masih tentatif. Pasalnya, BKN masih melakukan proses validasi terkait peserta yang bisa lolos untuk tahapan itu.

“Tanggal 4 itu kan baru tentatif. Sekarang masih ada di Jakarta berkaitan dengan validasi kembali perihal SKB ini dengan masing-masing kabupaten dan kota,” ujar Sayadi, Jumat (30/11).

Dia mengatakan, informasi lain yang berkembang, SKB itu akan dilaksanakan 6 Desember mendatang. Untuk teknisnya, Sayadi mengaku akan melakukan SKB sesuai dengan sistem Computer Assisted Test (CAT)

“Kalau mekanisme pelaksanaanya itu tetap dari pusat. Nanti kita umumkan ke masing-masing provinsi, kabupaten kota yang ikut SKB. Dan masih dengan sistem CAT lagi. Kalau standarnya tidak ada,” ucapnya.

Selain itu, kata dia, untuk penilaiannya, peserta akan mengumpulkan nilai sebanyak-banyaknya. Selanjutnya pihak BKN menggabungkan antara nilai SKD dan SKB masing-masing dengan skala 60:40.

“Nanti TKB itu diintegrasikan dengan hasil SKD. Jadi itu digabung. SKD 60 persen dan SKB 40 persen. Siapa mendapat nilai tertinggi, maka dia diusulkan sebagai calon pegawai negeri sipil. Setelah dengan Permenpan 36-37 terkait 1:3 itu. Jadi 1 formasi dalam 3 peserta,” paparnya.

Hanya saja, Sayadi melanjutkan, dengan adanya Permenpan 61 maka kebijakan sistem penilaian masing-masing BKD apabila nilai SKD tidak mencukupi dengan nilai kuota yang ada.

“Jadi katakan formasi yang lulus SKD cuma satu, berarti satu itu diperebutkan, maka diambil 3 nilai tertinggi dari peserta itu. Berarti empat orang yang ikut SKB,” ujarnya.

Sementara untuk lokasi, kata Sayadi, di wilayah Sulsel, SKB dipusatkan di kantor regional BKN, Jalan Paccerakkang, Makassar.

“Nanti kita siapkah 750 unit perangkat komputer. Di Sulsel sekitar 23 daerah yang ikut,” terangnya.

Sementara itu, sudah lama seleksi SKD CPNS 2018 telah selesai. Namun sampai saat ini, belum ada pengumuman hasil SKD yang dikeluarkan oleh BKD Sulsel. Padahal pada beberapa daerah kabupaten di Sulsel sudah mengumumkan hasilnya.

Menanggapi itu, Kepala BKD Sulsel Anshari Faksirie Radjamilo mengaku belum mengetahui secara pasti. “Saya belum tahu. Mungkin sudah ada di kabidku. Coba dicek,” katanya. (rhm/bkm/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...