5 Rahasia Kulit Lebih Muda dan Bercahaya – FAJAR –
Kesehatan

5 Rahasia Kulit Lebih Muda dan Bercahaya

Ilustrasi. Kulit wajah. Foto SukaLive

FAJAR.CO.ID – Memiliki kulit yang lembut, awet muda, dan cerah merupakan impian sebagian besar wanita. Pasalnya, jika sedari awal kondisi kulit sudah baik, maka Anda tidak memerlukan banyak riasan untuk dipulas pada wajah Anda.

Karena impian itulah, kaum hawa kerap kali cepat termakan iklan produk kecantikan, baik produk yang benar-benar bisa memperbaiki kondisi kulit, maupun produk kecantikan yang hanya menebar janji. Alhasil, pengeluaran membengkak, kulit sehat pun tak kunjung didapat.

Padahal, sebenarnya kecantikan kulit tidak hanya didapat dari perawatan luar, melainkan dari apa yang Anda konsumsi sehari-hari.

Dilansir dari Everyday Health, jika rutin mengonsumsi makanan alami yang mengandung antioksidan tinggi, maka risiko untuk terkena penuaan dini, seperti banyaknya garis halus (keriput) dan kulit kusam, juga akan semakin kecil. Selain itu, kulit Anda pun akan tampak lebih muda dari usia Anda yang sebenarnya!

Penasaran bahan alami apa saja yang dapat memelihara kecantikan kulit? Berikut ini adalah di antaranya:

  1. Teh hijau

Jika Anda perhatikan, wanita Jepang cenderung memiliki kulit yang bersih, bercahaya, dan tidak mudah tua. Pasalnya, setiap hari masyarakat Negeri Matahari Terbit itu mengonsumsi teh hijau setiap harinya.

Teh hijau sendiri mengandung senyawa polifenol, salah satu antioksidan terkuat yang sangat baik untuk menangkal kerusakan akibat radikal bebas. Meski kaya akan polifenol, teh hijau ini juga mengandung kafein, sehingga minuman tersebut bisa menggantikan posisi kopi sebagai penyemangat Anda di pagi hari.

  1. Mentimun

Karena mengandung 96 persen air, mentimun atau timun bisa menghidrasi kulit Anda bila dikonsumsi secara rutin. Sehingga, kulit menjadi tidak kering dan risiko untuk memiliki garis-garis halus penuaan dini juga semakin kecil.

Selain mudah didapat, timun juga terbilang murah dan bisa dimakan bersama dengan makanan sehat lainnya. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengiris-iris mentimun untuk ditempelkan pada kulit wajah serta kelopak mata, supaya kulit terasa lebih dingin dan lembap.

  1. Tomat

Tomat juga bisa melindungi kulit dari sengatan sinar matahari dan menghindari penuaan dini karena kandungan lycopene di dalamnya. Oleh karena itu, tak ada salahnya bila Anda setiap pagi memanggang sejumlah tomat ceri atau tomat biasa yang sudah dilumuri dulu oleh minyak zaitun. Tambahkan sedikit garam serta lada agar lebih nikmat. Sama seperti mentimun, Anda juga bisa mengiris tomat untuk ditempel pada kulit wajah selama beberapa menit agar kulit terasa lebih dingin dan merona.

  1. Ubi

Mungkin khasiat mengonsumsi ubi untuk kesehatan kulit masih jarang Anda dengar. Meski begitu, rupanya ubi mengandung beta karoten yang tinggi, sehingga bisa diolah menjadi vitamin A oleh tubuh. Vitamin A merupakan antioksidan kuat yang bisa melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas dan bersifat antiradang. Jadi, bukan cuma vitamin C yang bisa membuat kulit Anda terlihat lebih cerah dan sehat, tetapi vitamin A pun berperan penting dalam menangkal berbagai permasalahan kulit.

  1. Madu manuka

Meski pada dasarnya semua madu sangat bermanfaat untuk kulit, namun madu manuka, yaitu madu yang diproduksi oleh lebah Selandia Baru memiliki nutrisi yang paling baik.

Saat radikal bebas yang berasal dari sengatan sinar matahari merusak kolagen dan elastin kulit, madu manuka bisa memperbaiki kondisi kerusakan kulit tersebut dengan cepat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mencampurkan madu manuka ke dalam secangkir teh hijau atau yoghurt tawar. Enak dan sehat!

Mempertahankan kecantikan kulit nyatanya bisa diperoleh dengan memanfaatkan berbagai bahan alami di atas. Kini Anda tak perlu lagi merogoh kocek berlebih untuk melakukan perawatan atau membeli produk kecantikan. Dengan menggunakan bahan-bahan di atas, kulit senantiasa terlihat awet muda, lembut, dan bercahaya. Konsumsilah secara rutin berbagai bahan di atas untuk hasil yang maksimal.(NP/ RVS/klikdokter)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!