Kementerian Pertahanan Inisiasi Bela Negara di Bone – FAJAR –
Sulsel

Kementerian Pertahanan Inisiasi Bela Negara di Bone

FAJAR.CO.ID, BONE – Perwakilan Kementerian Pertahanan (PKP) di Provinsi Sulawesi Selatan, menisiasi pelaksanan Pelatihan Bela Negara Angkatan IV, bagi aparatur Pemerindah Daerah, instansi vertikal, dan anggota organisasi masyarakat (Ormas) Kabupaten Bone, yang berlangsung 30 November—2 Desember 2018, di Aula Rumah Jabatan Bupati Bone.

Kepala Perwakilan Pertahanan Republik Indonesia di Provinsi Sulsel Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Wahyu Agung Prayitno, M.Pd, MM, dalam kesempatan ini mengatakan, pelatihan bela negara yang dilaksanakan kali ini merupakan agenda rutin tahunan yang dilakukan atas inisiasi Pemerintah Kabupaten Bone bekerja sama dengan instansi terkait, khususnya dengan Kodim 1407 Bone.

Hal ini sejalan dengan Rencana Aksi Nasional Bela negara Tahun 2018-2019 yang termuat dalam instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2018.

Menurut Wahyu Agung Prayitno, tujuan utama dari pelatihan bela negara ini adalah menumbuhkan serta memperkuat sikap dan perilaku para aparatur pemerintah daerah, instansi vertikal, dan anggota Ormas di Kabupaten Bone, agar senantiasa mencintai tanah air, bangsa, dan negara yang berdasarkan Pancasila dan UUD NRI 1945.

Kepala PKP RI di Provinsi Sulsel ini menyatakan, ada lima nilai pokok yang ingin dicapai dalam setiap pembinaan bela negara, di antaranya; Cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, dan memiliki kemampuan awal bela negara.

Selanjutnya, disebutkan pula Wahyu Agung Prayitno, ada tiga hal utama yang harus dibela oleh setiap warga negara Indonesia sesuai amanat Undang-undang yaitu; membela kedaulatan negara, membela keutuhan wilayah NKRI, dan membela keselamatan bangsa.

“Makanya, kepada peserta, saya berpesan agar dapat menjadikan kegiatan ini sebagai momentum untuk mengembangkan diri sebagai warga negara Indonesia yang tangguh, ulet dan setia kepada bangsa dan negara sesuai peran dan profesi masing-masing dalam lingkungan masyarakat,” imbuh Brigjen TNI Wahyu Agung Prayitno. (lis/fjr)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!