Sampah Sisa Reuni 212 Capai 217 Ton, Sebagian Sudah di Dalam Kantong – FAJAR –
Jabodetabek

Sampah Sisa Reuni 212 Capai 217 Ton, Sebagian Sudah di Dalam Kantong

Petugas membersihkan sampah sisa Reuni 212 di kawasan Monas, Minggu (2/12). (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Seusai digelarnya reuni aksi 212, kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat ternyata masih meninggalkan sampah di beberapa sudut. Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta menyatakan kurang lebih sampah yang terkumpul mencapai 217 ton.

Kepala Dinas LH DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan, pihaknya telah menyiagakan ribuan petugas kebersihan untuk membersihkan sampah. Sejak pukul 12.00 WIB usai peserta bubar para petugas langsung membersihkan lokasi.

Tak hanya di kawasan Monas, sampah sisa Reuni 212 juga kawasan sekitar (Istimewa)

“Estimasi sampah yang terangkut di kawasan sekitar 217 ton atau 588 meter kubik,” ujar Isnawa pada wartawan Minggu (2/12).

Ia menyebutkan petugas cukup terbantu saat membersihkan sampah di kawasan Monas dan sekitarnya. Karena sebagian peserta sudah memasukannya ke dalam kantong sampah yang telah dibagikan sebelumnya.

“Saya ucapkan terima kasih, sebagian besar peserta aksi damai kooperatif. Peserta aksi mengisi sampah ke dalam kantong yang kami bagikan, mereka juga membentuk laskar dan regu comot kebersihan. Sehingga di beberapa titik memudahkan pengangkutan sampah,” ungkap Isnawa.

Selain petugas, pihaknya juga menurunkan dukungan sarana dan prasarana untuk membersihkan sampah. Seperti 13 truk sampah unorganik ditambah 5 typer, 30 kijang, dan 18 unit road sweeper.

Sementara ia merinci petugas kebersihan yang dikerahkan berasal dari Suku Dinas Lingkungan Hidup di lima wilayah masing-masing 100 orang. Ditambah 200 orang dari UPK Badan Air, 150 PPSU, dan 230 petugas kebersihan Monas. “Total ada 10.80 petugas yang kami kerahkan,” ucapnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga telah membagikan 10 ribu kantong plastik sampah, 1.200 sapu dan pengki, dan 10 unit bus toilet. (dik/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!