Harga Tiket Pesawat, BBM dan Paket Internet Picu Inflasi November 2018 – FAJAR –
Ekonomi

Harga Tiket Pesawat, BBM dan Paket Internet Picu Inflasi November 2018

Penambahan armada Garuda Indonesia (Bechy Subekhi/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi pada November 2018 sebesar 0,27 persen. Angka itu lebih rendah dibanding bulan sebelumnya (month to month/mtm) yang sebesar 0,27 persen.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, ada beberapa penyebab terjadinya inflasi pada November 2018. Salah satunya disumbang dari sektor transportasi komunikasi dan jasa keuangan dengan inflasi 0,56 persen dan andil 0,10 persen. Kenaikan tarif angkutan udara (pesawat) turut menyumbang inflasi sebesar 0,05 persen.

“Ini mendekati akhir tahun, banyak kegiatan antar departemen dan pemda menyebabkan kenaikan permintaan pesawat, juga mendekati akhir tahun jadi mengalami kenaikan di 43 kota IHK, dan kenaikan tajam terjadi di Indonesia TImur seperti Ambon, Ternate, dan Sorong,” ujarnya dalam konferensi pers di Kantor BPS, Jakarta, Senin (3/12).

Kedua, lanjut Suhariyanto, kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) non subsidi seperti Pertamax Series juga ikut menyumbang inflasi. Kenaikan itu lantaran harga minyak dunia di awal November mengalami kenaikan dan saat ini sudah mengalami penurunan.

“Kita tau BBM pertamax, pertamax turbo, dexlite, pertaminadex dan biosolar mengalami kenaikan seiring kenaikan harga minyak November. November masih naik, sekarang agak-agak turun,” ungkapnya.

Terakhir, kenaikan tarif pulsa juga ikut menyumnbang inflasi sebesar 0,01 persen. Perubahan harga terjadi pada tarif paket internet.

“Kita berharap pada Desember 2018 inflasi bisa terkendali. Karena posisi November agak tidak biasa dibanding November tahun sebelumnya, karena sedikit lebih rendah dibanding tahun sebelumnya,” pungkasnya. (hap/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!