Inspektur Lingkungan Tewas Ditabrak, Polisi Tangkap Dua Orang – FAJAR –
Internasional

Inspektur Lingkungan Tewas Ditabrak, Polisi Tangkap Dua Orang

Polisi Tiongkok menangkap dua orang yang diduga terlibat dalam kematian seorang inspektur lingkungan, Chen Ben pada Senin (3/12) (Pixabay)

FAJAR.CO.ID – Polisi Tiongkok menangkap dua orang yang diduga terlibat dalam kematian seorang inspektur lingkungan, Chen Ben pada Senin (3/12). Dia meninggal saat sedang menyelidiki pelanggaran lingkungan yang terjadi akhir-akhir ini.

Inspektur Chen Ben adalah bagian dari tim penegak hukum yang diorganisir oleh biro lingkungan dan polisi di Kota Wenling. Dia sedang menyelidiki kasus pencemaran, kemudian dia ditabrak oleh kendaraan yang dikemudikan oleh dua orang itu pada Sabtu (1/12) malam.

Tiongkok sedang berusaha untuk memastikan kebijakan lingkungan hidup diterapkan dengan benar hingga akar rumput. Namun, pemerintah daerah terkadang enggan untuk menindak industri-industri yang tidak mau mengikuti peraturan.

Para pengawas seringkali menghadapi halangan hingga ancaman kekerasan. Pada Agustus, petugas perlindungan lingkungan di Provinsi Shaanxi dipukuli oleh pekerja konstruksi selama pemeriksaan polusi.

Pemerintah pusat telah berusaha untuk meningkatkan kekuatan pengawasannya dan menindak keras para pelanggar. Pemerintah bekerja sama dengan polisi, peradilan, dan penegak antikorupsi untuk menghukum kejahatan lingkungan.

Beijing juga berusaha memperkuat biro lingkungannya yang lemah dan kekurangan tenaga. Pihaknya juga berusaha meningkatkan hukuman bagi perusahaan yang menolak bekerja sama dengan inspektur yang berkunjung.

Tiongkok menuntut lebih dari 3.500 orang karena kejahatan terkait polusi dalam 10 bulan pertama pada 2018, naik hampir 40 persen pada tahun lalu. (iml/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!