Kemenpora Tolak Pengembalian Uang Rp 2 M dari Pemuda Muhammadiyah

Senin, 3 Desember 2018 - 11:37 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pengembalian dana kegiatan kemah dan pemuda Islam 2017 oleh PP Pemuda Muhammadiyah ditolak Kemenpora. Anggaran sebesar Rp 2 miliar dalam bentuk cek itu dikembalikan lagi dari Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora) kepada Pemuda Muhammadiyah, dengan alasan tidak ada dasar untuk menerima pengembalian anggaran tersebut.

Sekretaris Menpora, Gatot S. Dewa Broto membenarkan, panitia kegiatan kemah dan apel pemuda Islam mengembalikan anggaran operasional dalam bentuk cek ditujukan kepada Menpora Imam Nahrawi pada Senin (19/11) lalu.

“Sudah dikembalikan cek. Tetapi, baru diketahui beberapa hari setelahnya. Kemudian, karena kegiatan itu bukan fiktif. Itu hak dari panitia. Kami sudah kembalikan lagi kepada panitia Jumat (30/11) lalu,” ujarnya saat dihubungi, Senin (3/12).

Gatot menegaskan, pengembalian anggaran itu dikembalikan ke perwakilan pengurus Pemuda Muhammadiyah dalam bentuk cek seperti semula. Dia tidak menyebutkan siapa penerima yang dikembalikan Kemenpora.

“Yang penting ada perwakilan dari pengurus yang menerima di Kemenpora (waktu itu). (Uang dikembalikan lagi) masih dalam bentuk cek seperti semula,” terang Gatot.

Sementara sebelumnya, kepolisian Polda Metro Jaya masih menyelidiki kasus dugaan penyalahgunaan dana kemah dan Apel Pemuda Islam 2017 yang diinisiasi oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Direktur Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Adi Deriyan menegaskan, terkait adanya dugaan itu, pihak penyidik akan melakukan gelar perkara dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Saya akan gelar perkara dulu dengan BPK Minggu depan, expose hasil pelaksanaan penyidikan yang sudah kita lakukan,” kata dikonfirmasi, Kamis (29/11) lalu.

(wiw/JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *