Pasokan Berkurang, Harga Telur di Jakarta Tembus Rp 27 Ribu – FAJAR –
Ekonomi

Pasokan Berkurang, Harga Telur di Jakarta Tembus Rp 27 Ribu

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menjelang perayaan hari besar Natal dan tahun baru, harga telur di Jakarta merangkak naik. Sementara beberapa harga bahan pokok lain, seperti daging sapi, ayam, cabai, beras, dan sayur-sayuran belum ada tanda-tanda kenaikan.

Salah satunya di Pasar Tradisional Gondangdia, Jakarta Pusat. Kendati hari libur Natal dan Tahun baru masih tiga pekan lagi, komoditas telur ayam sudah naik. Kenaikan itu dipicu kelangkaan pasokan, sementara permintaan masyarakat semakin tinggi.

Hal itu diungkapkan oleh Nini, 23. Pedagang telur Pasar Gondangdia itu mengaku terpaksa menyesuaikan harga telur di pasaran. Lantaran harga barang dari pemasok semakin tinggi. Dikatakannya, kenaikan telur mencapai Rp 3 ribu per kilogram. Dari semula Rp 24 ribu menjadi Rp 27 ribu per kilogram.

“Seminggu ini harga telur sudah naik. Minggu lalu Rp 24 ribu, sekarang sudah Rp 27 ribu,” ujarnya saat ditemui di pasar Gondangdia, Senin (3/12).

Menurut Nini, beberapa Minggu terakhir ini  pasokan telur dari Jawa Timur memang sedang sedikit. Sebaliknya, permintaan telur menjelang libur panjang akhir tahun ini, semakin meningkat.

“Yah, sudah biasa. Tiap akhir tahun, harga telur naik. Kemungkinan akhir bulan ini naik lagi. Soalnya, pasokan di Jawa Timur sedang menipis,” katanya.

Pantauan di Pasar Gondangdia, sejumlah harga pokok lain seperti beras, daging ayam potong, sapi, sayuran, cabai, masih stabil. Seperti, harga beras masih berkisar Rp 14 ribu per kilogram. Untuk daging sapi, masih normal, yaitu Rp 120 ribu per kilogram.

Pedagang daging sapi di pasar yang sama, Agung, 22, mengaku belum ada tanda-tanda kenaikan untuk harga daging sapi.

Walaupun demikian, ia memprediksi kenaikan daging sapi bisa saja terjadi di pertengahan Desember nanti. Karena permintaan daging menjelang Natal dan tahun baru semakin meningkat.

“Biasanya tahun lalu naik kisaran Rp 20 ribu sampai Rp 30 ribuan. Kalau pas pertengahan Desember biasanya naik. Naik berapa tergantung pasokan,” kata Agung. (wiw/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!