Pasokan Pas-pasan, Harga Cabai Merangkak Naik – FAJAR –
Ekonomi

Pasokan Pas-pasan, Harga Cabai Merangkak Naik

CABAI MERAH: Banyaknya permintaan dan menipisnya pasokan membuat harga cabai merah di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) merangkak naik. (Dery Ridwansah/Jawa Pos)

FAJAR.CO.ID, RIAU – Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru, harga sejumlah bahan pangan merangkak naik di berbagai wilayah Provinsi Riau. Termasuk di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

Salah satu, kenaikan yang kentara yakni cabai merah dan cabai rawit. Hal itu diketahui setelah Kapolres Inhil AKBP Cristian Rony Putra, bersama dengan Disperindag dan Bulog Inhil, melakukan inspeksi mendadak (sidak) di pasar terapung, Jalan Yos Sudarso, kantor Bulog Sub Tembilahan dan Toko Barkat di Jalan Imam Bonjol, Senin (3/12) siang.

“Sidak dilakukan bersama stakeholder terkait seperti Disperindag dan Bulog. Tujuannya untuk memonitoring distribusi di pasar dan harga pangan jelang Natal 2018 dan tahun baru 2019,” kata Rony, Senin (3/12) sore.

Berdasarkan hasil pantauan tim Satgas Pangan Polres Inhil di 3 lokasi tersebut, harga cabai merah yang sebelumnya Rp 25 ribu naik menjadi Rp 40 ribu per kilogram, cabai rawit dari harga Rp 20 ribu menjadi Rp 28 ribu per kilogram, bawang putih Rp 16 ribu per kilogram dan bawang merah Rp 25 ribu per kilogram.

“Yang naik itu harga cabai merah dan rawit. Kenaikan diakui pedagang karena hujan terus menerus sementara permintaan banyak, persediaan hanya pas-pasan, makanya harganya naik,” kata Kapolres.

Kemudian untuk harga beras medium Rp 10 ribu per kilogram, beras premium harga Rp 12 ribu. Gula pasir dari semula Rp 11 ribu naik menjadi Rp 12 ribu per kilogram. Kenaikan juga terjadi pada daging sapi segar yaitu dari harga Rp 130 ribu menjadi Rp 140 ribu per kilogram. Begitu juga dengan ayam ras per kilogramnya yang semula Rp 28 ribu naik menjadi Rp 30 ribu.

“Jadi, hingga kini belum ditemukan harga pangan yang naik secara signifikan maupun penimbunan bahan pangan. Kalau ada penimbunan bahan pangan, maka sudah jelas akan kita tindak tegas,” pungkasnya. (ica/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!