Pencarian 3 Korban Kebakaran KM Gerbang Samudra I Dilanjutkan Lusa – FAJAR –
Daerah

Pencarian 3 Korban Kebakaran KM Gerbang Samudra I Dilanjutkan Lusa

Petugas melakukan evakuasi di perairan Karang Jamuang. Tampak sisa KM Gerbang Samudra I yang hangus terbakar. (Dokumen Basarnas)

FAJAR.CO.ID, SURABAYA – Kebakaran menimpa KM Gerbang Samudra I di perairan Karang Jamuang, Minggu (2/12). Kapal yang membawa 31 ABK dan 117 penumpang tersebut kini sudah dikandaskan (dievakuasi) ke perairan dangkal di Pulau Karang Jamuang.

Semua penumpang sudah dievakuasi dengan KM Kumala menuju pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Namun, masih ada 3 ABK yang belum ditemukan.

Mereka adalah Soehaldani, nakhoda; Nurul Fardillah, cadet deck; dan Sirka Mala Marifat, cadet deck. Nama-nama tersebut didapat berdasarkan manifes dari agen pemilik kapal.

Kepala Kantor Basarnas Surabaya Budi Prasetyo mengatakan, pihaknya sudah melakukan pencarian hingga pukul 16.00 WIB, hari ini (3/12). Namun upaya itu masih belum membuahkan hasil.

Pencarian lalu beralih ke area di dalam KM Gerbang Samudra. Korban menceritakan bahwa masih ada ABK yang masih berada di ruangannya masing-masing saat dilakukan evakuasi. Petugas telah berusaha mengetuk pintu dan menyelematkan mereka.

Namun, ketiga ABK tersebut tidak menyahut saat pintu diketuk. “Kami belum dapat melakukan pencarian ke dalam bangkai kapal. Karena masih harus dilakukan pendinginan,” kata Budi.

Pihaknya berencana memulai proses pendinginan besok pagi. Setelah ada koordinasi dari agen pemilik kapal dan pihak Kesyahbandaran.

Dia tidak menjelaskan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses pendinginan. Yang jelas setelah proses pendinginan, kapal sempat kembali terbakar saat ditarik ke perairan dangkal di Pulau Karang Jamuang.

Pencarian korban sendiri baru akan dilanjutkan Rabu lusa (5/12). “Harus kami pastikan sudah tidak ada api. Kami nggak mau ambil risiko. Jadi, jangan sampai menambah korban baru. Kami tidak tahu bagaimana denah dan struktur kapalnya,” kata Budi.

Sebagai informasi, KM Gerbang Samudra I jurusan Surabaya – Banjarmasin terbakar lima jam setelah berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak, kemarin (2/12). Belum ada pernyataan terkait penyebab kebakaran. Hanya, api diketahui berasal dari dek car. (HDR/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!