Polisi Periksa Saksi Kasus Habib Bahar Smith Ceramah di Pelambang – FAJAR –
Hukum

Polisi Periksa Saksi Kasus Habib Bahar Smith Ceramah di Pelambang

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara (Alwi Alim/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, PALEMBANG – Pemeriksaan kasus dugaan ujaran kebencian yang dilakukan Habib Bahar Smith dalam ceramahnya di Palembang pada 2017 terus digulirkan. Bahkan, sejumlah saksi pun diperiksa di Mapolda Sumsel sejak beberapa hari lalu.

Hal tersebut dibenarkan Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain saat dihubungi, Senin (3/12).

“Ya benar ada beberapa saksi yang sudah diperiksa oleh penyidik Bareskrim Mabes Polri, diantaranya masyarakat dan polisi yang melakukan pengamanan saat kejadian,” katanya.

Meskipun begitu, dirinya tidak mengetahui pasti jumlah saksi yang diperiksa karena Polda Sumsel hanya memfasilitasi dan membantu penyidik Bareskrim Mabes Polri yang melakukan penyelidikan.

Kapolda juga mengaku saat kejadian masih menjabat sebagai Kapolda Riau sehingga tidak mengetahui secara detail apalagi lokasi ceramah dari Habib Bahar Smith pada Januari 2017 lalu.

Terkait penggeledahan rumah Habib Bahar Smith, jenderal bintang dua ini juga mengaku tidak mengetahuinya. “Apa ada rumahnya disini? Setahu saya itu hanya ceramah saja di Palembang tapi gak punya rumah disini,” tutupnya.

Seperti diketahui, Habib Bahar bin Smith dilaporkan ke Bareskrim Polri lantaran telah melakukan dugaan ujaran kebencian kepada Presiden RI, Joko Widodo, Rabu (28/11).

Dalam video berdurasi 60 menit, Habib Bahar ini mengucapkan ‘Kalau kamu ketemu Jokowi, kamu buka celananya itu, jangan-jangan haid Jokowi itu, kayaknya banci itu’. (lim/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!