Sidang Gugatan Pedagang Pasar Sentral Makassar Ditunda, Ini Penyebabnya – FAJAR –
Hukum

Sidang Gugatan Pedagang Pasar Sentral Makassar Ditunda, Ini Penyebabnya

Wajah baru Pasar Sentral Makassar. (net)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Pengadilan Negeri (PN) Makassar menjadwalkan sidang gugatan pedagang Pasar Sentral Kota Makassar, Senin (3/12) ini. Namun sidang akhirnya ditunda. Sebab Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dan PT Melati Tunggal Inti Raya (MTIR) selaku tergugat tak hadir dalam sidang.

Penundaan sidang diputuskan langsung Ketua Majelis Hakim Ahdar didampingi dua hakim lainnya. Yakni, Suratno dan Harto Pancono. Sidang sempat berlangsung beberapa menit. Kuasa pedagang Erwin Kallo menyerahkan berkas adiminstrasi pendampingan hukum untuk pedagang kepada majelis hakim.

“Yang kami serahkan tadi cuma surat kuasa pendampingan disertai dokumen-dokumen resmi kepemilikan pedagang, sebagai bahan awal dalam persidangan,” kata Erwin usai sidang di PN Makassar.

Rencananya, sidang kembali digelar pada Kamis (6/12) mendatang. Materi gugatan yang telah dipersiapkan jauh hari sebelumnya, belum bisa dipaparkan. Mengingat sidang resmi sama sekali belum digelar.

Intinya, gugatan masih terkait ganti rugi relokasi dan kepemilikan lahan di New Makassar Mall (NMM). Pedagang menuntut Pemkot Makassasr dan MTIR selaku pihak ketiga alias pengembang dalam pembangunan NMM membayar Rp 1,8 triliun.

Ganti rugi itu merupakan perhitungan dari 1.800 lods yang tersedia di NMM. Untuk setiap lodsnya, pedagang dibebankan harga sebesar Rp 100 juta untuk 8 tahun cicilan. Harga itu dinilai pedagang sangat merugikan.

Selain itu, pihak Pemkot Makassar dan MTIR diminta menahan diri untuk menggusur paksa para pedagang dari lokasi lama di luar kawasan NMM. “Mereka ini seharusnya bisa menahan diri untuk menggusur paksa para pedagang. Karena ini sudah mulai jalan persidangannya. Jangan ada gerakan-gerakan tambahan dan menunggu keputusan siapa yang berhak dan siapa yang tidak di persoalan ini,” tutup Erwin. (rul/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!