Suap Meikarta, KPK Panggil Lagi Jejen dan Waras – FAJAR –
Hukum

Suap Meikarta, KPK Panggil Lagi Jejen dan Waras

Febri Diansyah.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mempertajam kasus suap izin pembangunan proyek Meikarta yang membelit Bupati Bekasi (nonaktif) Neneng Hasanah Yasin. Kali ini, penyidik memanggil pimpinan DPRD Bekasi Jejen Sayuti dan DPRD Jawa Barat Waras Wasisto untuk saksi tersangka Neneng Rahmi (NR).

“Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Kabupaten Bekasi Neneng Rahmi,” ucap juru bicara KPK Febri Diansyah pada awak media, Senin (3/12).

Kendati demikian, mantan aktivis ICW ini belum membeberkan informasi apa yang akan digali dari kedua saksi tersebut. Panggilan kali ini merupakan yang kedua terhadap dua orang saksi ini.

Keduanya, sebelumnya dipanggil pada Rabu (28/11) untuk tersangka Kepala Dinas DPMPTSP Kabupaten Bekasi, Dewi. Febri menyebut, saat itu Jejen dan Waras tidak memenuhi panggilan KPK, dengan alasan belum menerima surat panggilan.

Sekadar informasi, KPK menduga sejumlah dokumen perizinan yang dikeluarkan Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam pembangunan Meikarta berstatus ‘backdate’ alias penanggalan mundur dari waktu sebenarnya.

Tak hanya itu, KPK juga menemukan adanya dugaan ‘backdate’ pada sejumlah dokumen perizinan, KPK tengah menelusuri pembangunan proyek Meikarta, apakah sudah dimulai sebelum proses pengurusan izin selesai atau sebaliknya.

“Terkait dengan perizinan, KPK mendalami informasi adanya indikasi ‘backdate’ (penanggalan mundur) dalam sejumlah dokumen perizinan Meikarta,” pungkas Febri, Rabu (14/11).

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan tersangka pemberi suap Direktur Operasional Lippo Group Billy Sindoro dan dua orang Konsultan Lippo Grup Taryudi dan Fitra Djaya Purnama serta satu orang pegawai Lippo Group Henry Jasmen.

Sedangkan, sebagai penerima fee sebesar Rp 7 milliar adalah Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin bersama Kepala Dinas PUPR Jamaludin, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi Sahat MJB Nahar, Kepala Dinas DPMPTSP Kab Bekasi Dewi Tisnawati, dan Kepala Bidang Tata Ruang PUPR Kabupaten Bekasi Neneng Rahmi. (ipp/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!