Usai Makan Manis, Ini Tips Agar Gigi Anak Tetap Terawat – FAJAR –
Kesehatan

Usai Makan Manis, Ini Tips Agar Gigi Anak Tetap Terawat

Gemar makan manis, gigi anak rentan terserang masalah gigi. (30Seconds)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Anak-anak paling gemar makan makanan manis seperti permen, cokelat, dan kue. Akan tetapi bunda seringkali khawatir gigi mereka akan rusak. Lalu apakah anak tak boleh makan makanan manis?

Tidak benar seperti itu. Dokter Gigi dari Universitas Indonesia (UI) drg. Bambang Nursasongko menjelaskan anak-anak boleh mengonsumsi makanan manis atau mengandung gula. Akan tetapi tetap harus mengajarkan mereka agar rajin sikat gigi. Lalu apakah harus sikat gigi setiap kali usai makan manis?

“Anak kecil boleh makan manis. Asalkan harus dibiasakan kumur-kumur setelah makan manis. Itu enggak apa-apa. Dan sikat gigi 2 kali sehari pagi dan sebelum tidur,” kata drg. Bambang dalam konferensi pers baru-baru ini.

Lalu mengapa anak-anak lebih jarang punya karang gigi dibanding orang dewasa meski sering makan manis? Ternyata menurut drg. Bambang, hal itu dipengaruhi oleh sifat ludah (saliva) anak berbeda dengan orang dewasa.

“Setiap orang salivanya berbeda. Saliva dan kuman di dalam mulut. Kalau kita lihat kenapa anak-anak kecil enggak ada karang giginya? Karena jenis air ludah mereka lebih encer. Saya analogikan dengan sungai, sungai kalau alirannya lambat pasti banyak endapan. Kalau deras pasti bersih,” jelasnya.

Maka dari itu disarankan setiap individu untuk rajin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Dan setiap orang punya batas waktu yang berbeda kapan harus membersihkan karang gigi. (ika/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!